Demokrat Proses PAW Nazaruddin

Kompas.com - 26/07/2011, 10:10 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrat tengah memproses pergantian antarwaktu atas Muhammad Nazaruddin, tersangka kasus dugaan suap wisma atlet SEA Games, di Dewan Perwakilan Rakyat setelah yang bersangkutan diberhentikan sebagai anggota partai.

Ketua Departamen Bidang Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Denny Kailimang mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan surat pemberhentian Nazaruddin sebagai anggota partai. Keputusan itu diambil setelah yang bersangkutan tak menanggapi tiga kali peringatan partai.

"Sesuai Undang-Undang Partai Politik, kedudukan Nazaruddin sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat otomatis gugur. DPP Partai Demokrat akan memproses pergantian antarwaktu (PAW) melalui Komisi Pemilihan Umum," kata Denny melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2011).

Dikatakan Denny, peringatan dikeluarkan setelah Nazaruddin tidak menepati janji kembali ke Indonesia ketika dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi. "Dia tidak menghormati proses hukum bahkan melarikan diri serta membuat pernyataan-pernyataan yang dapat merusak citra partai," kata Denny.

Seperti diberitakan, Nazaruddin tercatat sebagai anggota Komisi VII DPR. Sebelum terjerat kasus wisma atlet, Nazaruddin duduk di Komisi III. Posisinya di Komisi III digantikan sepupunya, M Nasir, yang juga kader Partai Demokrat.

Partai Demokrat menyatakan, kasus Nazaruddin bukan lagi urusan Partai Demokrat. Kasus mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu termasuk membawanya kembali ke Indonesia diserahkan kepada negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.