Salin Artikel

Berkaca Kecelakaan Maut Km 58 dan Km 370, Pemudik Diimbau Istirahat jika Lelah Menyetir

Kakorlantas mengingatkan para pemudik harus beristirahat jika sudah kelelahan berkendara.

"Belajar dari beberapa kejadian yang kemarin, di (Km) 58 ataupun di (Km) 370, ini semuanya karena kelelahan," kata Aan di Gedung NTMC Polri, Jakarta, Jumat (12/4/2024).

"Tolong ini disampaikan kepada masyarakat, ini sangat fatal akibatnya kalau kita sudah lelah tetap memaksa untuk berkendara," sambung dia.

Adapun puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada 14 dan 15 April 2024. Ia juga mengimbau pemudik untuk pulang lebih awal.

Aan mengajak masyarakat yang sudah lelah beristirahat di rest area dan tempat yang sudah disediakan.

Jika rest area sudah penuh, ia mengingatkan pemudik bisa beristirahat di jalur arteri.

"Silahkan ke rest area, kalau rest area sudah tutup silahkan exit ke luar tol ya, exit tol terdekat sehingga bisa istirahat lebih nyaman dan lebih aman dan lebih lama nantinya," tutur dia.

Selain itu, Aan kembali mengingatkan agar pemudik memastikan kesehatan fisik maupun kendaraannya sebelum melakukan perjalanan jauh.

"Kemudian kendaraan juga yang prima, ikuti arahan petugas dan rambu-rambu yang ada," tegas jenderal bintang dua itu.

Bagi pemudik yang menaiki kendaraan umum juga diingatkan untuk memastikan kendaraannya sudah resmi sehingga terjamin keamanannya.

"Berdoa jangan lupa. kalau menaiki angkutan umum, Pastikan angkutan umum yang resmi, ya. Biar terjamin kendarannya sehat dan sebagainya," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, kecelakaan maut yang melibatkaan dua mobil dan satu bus terjadi di jalur contraflow Km 58 Tol Jakarta Cikampek, Jawa Barat pada Senin (8/4/2024) pagi.

Diduga sopir mobil Gran Max mengantuk dan membuat kendaraan keluar jalur lalu menabrak bus PO Primajasa dan mobil Terior. Imbas kecelakaan ini menewaskan 12 orang.

Selain itu, kecelakaan tunggal bus PO Rosalia Indah yang menewaskan 7 orang juga terjadi di Km 370 A Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (11/4/2024) pagi.

Saat kejadian, diduga sopir mengantuk hingga bus keluar dari jalan dan masuk ke parit sepanjang 200 meter.

https://nasional.kompas.com/read/2024/04/12/11473311/berkaca-kecelakaan-maut-km-58-dan-km-370-pemudik-diimbau-istirahat-jika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke