Salin Artikel

PAN Percayakan pada Khofifah soal Koalisi dan Pasangannya untuk Pilkada Jatim

Ia menyebutkan, PAN tak ragu dengan keputusan politik yang diambil Khofifah yang lebih memahami konstelasi politik di Jawa Timur.

“Biasanya kita tidak terlalu ikut campur partai mana yang ikut bergabung, kemudian siapa yang akan jadi pasangannya, partai mana yang berkoalisi, itu ya kita serahkan kepada calon gubernurnya,” ujar Yandri pada Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Tak hanya itu, Yandri percaya dengan keputusan Khofifah terkait siapa calon wakil gubernurnya nanti.

Hal itu disampaikan ketika Kompas.com bertanya kemungkinan Khofifah kembali maju Pilgub Jawa Timur 2024 bersama dengan wakil gubernurnya saat ini, Emil Dardak.

“Ya kita waktu memberikan rekomendasi itu, rekomendasi Bu Khofifah sebagai calon gubernur, persoalan pasangan sama siapa, kemudian koalisinya bagaimana, kita serahkan pada Bu Khofifah,” kata dia.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa segala keputusan Khofifah pasti akan disampaikan pada PAN.

Apalagi, saat ini hubungan PAN dengan Khofifah berlangsung dengan sangat baik.

“Saya meyakini apapun keputusan Bu Khofifah nanti pastilah akan di komunikasikan dengan PAN,” ucap Yandri.

“Tapi kami sekali lagi, karena Jawa Timur yang lebih paham itu Bu Khofifah cara menangnya bagaimana, koalisi dengan siapa, pasangan dengan siapa, tentu kami lebih banyak menyerahkan pada Bu Khofifah untuk mengambil keputusan,” ucap dia.

Khofifah masih memiliki peluang untuk maju kembali di Pilgub Jawa Timur 2024 karena baru satu periode menjabat.

Dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Khofifah menyatakan memberikan dukungan untuk pemenangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Saat masa kampanye, ia bergabung dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran sebagai Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas).

Saat ini, PDI-P pun mengakui tengah melakukan pendekatan dan komunikasi dengan Khofifah untuk melihat peluang ikut mengusungnya pada kontestasi kepala daerah mendatang.

https://nasional.kompas.com/read/2024/04/05/15271531/pan-percayakan-pada-khofifah-soal-koalisi-dan-pasangannya-untuk-pilkada

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke