Salin Artikel

PBB Berharap Efek Ekor Jas Pencapresan Prabowo pada Pemilu 2024

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Bulan Bintang (PBB) mengaku yakin dengan efek ekor jas dari dukungan yang mereka berikan untuk pencapresan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Sebelumnya, dukungan ini sudah dinyatakan secara resmi oleh partai politik besutan Yusril Ihza Mahendra tersebut pada 30 Juli 2023.

Sekretaris Jenderal PBB, Afriansyah Noor, meyakini bahwa efek ekor jas ini bisa membawa elektabilitas PBB mencuat.

Berdasarkan hasil survei teranyar Litbang Kompas, elektabilitas partai berlambang bulan sabit itu baru 0,1 persen.

Sementara itu, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tengang Pemilu mengatur bahwa partai politik harus meraup sedikitnya 4 persen suara sah nasional untuk bisa tembus ke DPR RI (parliamentary threshold).

"Memang tidak mudah menaikkan persentase supaya bisa lolos parliamentary threshold 4 persen dan dalam suasana ada 18 partai politik, yang 9 di Senayan, 9 lagi tidak di Senayan," kata pria yang akrab disapa Ferry itu kepada Kompas.com, Kamis (24/8/2023) malam.

"Pertarungan ini seru tapi saya meyakini ketika kami mencalonkan capres Prabowo Subianto tentu elektoralnya akan berdampak kepada PBB," ucapnya.

Ferry mengeklaim bahwa sejak deklarasi dukungan pencapresan Prabowo, efek terhadap partainya sudah mulai terasa.

Ia optimistis, hal itu akan terus terjadi hingga masa kampanye dimulai pada 28 November 2023 dan pemungutan suara digelar pada 14 Februari 2024.

Ia masih yakin bahwa tahun 2024 akan menjadi momentum "comeback" untuk partai politik yang dilahirkan pada awal Reformasi itu.

Kerja sama dengan partai besutan Prabowo, Gerindra, juga terus dilakukan.

"Apa yang didapat dari efek mencalonkan Pak Prabowo, kami rasakan betul kekuatan PBB lebih besar," ucap Wakil Menteri Ketenagakerjaan tersebut.

"Sinergi PBB dan Partai Gerindra di seluruh Indonesia sedang kami lakukan dan mudah-mudahan efeknya membuat PBB lebih dikenal dan bisa menjadi partai alternatif untuk dipilih dan bisa mewakili mereka duduk di Senayan," lanjutnya.

https://nasional.kompas.com/read/2023/08/25/08241651/pbb-berharap-efek-ekor-jas-pencapresan-prabowo-pada-pemilu-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke