Salin Artikel

Soal Koalisi Gerindra-PKB yang Cepat Terbentuk, Muzani Sebut Karena Kesamaan Misi dan Cara Pandang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap alasan dibangunnya koalisi antara Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurut Muzani, kedua partai memiliki misi dan cara pandang, serta basis dukungan yang sama.

"Keduanya memiliki basis dukungan dari orang-orang kecil, kaum dhuafa, rakyat miskin yang membutuhkan kekuatan polotik. Karena itu koalisi Gerindra PKB cepat menemukan fotmatnya," kata Muzani saat mengikuti kegiatan gowes bareng Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia Chalim di Lampung dalam keterangan tertulis, Jumat (19/8/2022). 

Muzani pun meminta agar seluruh kader Gerindra di seluruh daerah dapat melibatkan kader PKB di setiap kegiatan. Tujuannya, agar menyampaikan pesan kepada publik bahwa koalisi yang dibentuk Gerindra dan PKB ingin menghadirkan pemilu yang menyenangkan.

Lebih jauh, ia mengatakan, umumnya koalisi antar partai dibentuk enam bulan sebelum pencapresan digelar. Namun tidak demikian dengan koalisi Gerindra dan PKB.

Dibangunnya kerja sama politik itu, imbuh Muzani, lantaran sudah adanya kesamaan yang kuat antara Gerindra dan PKB. Oleh karenanya, kerja sama itu dapat terbentuk lebih cepat dan seksama.

"Pemilu 2024 masih berlangsung 14 Februari 2024, kurang lebih masih dua tahun lagi. Tapi gemuruh politik sudah bergema di mana-mana," ujarnya.

Sementara itu, Chusnunia mengaku sangat antusias ketika PKB akan menjalin koalisi bersama dengan Gerindra.

"Dari awal ketika mendengar PKB akan koalisi dengan Gerindra, saya adalah orang pertama yang mengucapkan hore. Kami siap tempur dan saya siap berpartner dengan orang-orang pekerja keras dan siap berjuang demi Koalisi Indonesia Raya," pungkasnya.

https://nasional.kompas.com/read/2022/08/19/17353611/soal-koalisi-gerindra-pkb-yang-cepat-terbentuk-muzani-sebut-karena-kesamaan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke