Salin Artikel

Masinton: Menteri Jangan Narsis Jalankan Agenda Politik Jadi Capres

"Menteri-menteri wajib memprioritaskan agenda pemerintahan Presiden Jokowi dan bukan menarsiskan diri menjalankan agenda politik pribadi ingin menjadi calon presiden," kata Masinton kepada wartawan, Rabu (11/5/2022).

Masinton menilai, Presiden Jokowi sendiri sudah mengingatkan kepada para menterinya untuk mengkhususkan kerja pada agenda prioritas pemerintah.

Kemudian menteri juga diminta fokus pada agenda strategis negara dari pelaksanaan pemilu hingga efek pandemi Covid-19 dan juga perekonomian nasional.

"Menteri-menteri sebagai pembantu presiden harus mendisiplinkan diri untuk berfokus pada bidang tugasnya masing-masing," jelasnya.

"Jangan lompat pagar mengurusi segala hal yang bukan bidang tugasnya," tambah Masinton.

Anggota Komisi XI DPR itu kemudian mengaitkan situasi bangsa yang kini tengah sulit akibat hantaman pandemi dengan manuver politik pribadi menteri untuk pilpres.

Menurutnya, jika agenda pilpres diutamakan daripada tugas sebagai menteri, seolah memantik api ke ilalang kering.

Kondisi sulit yang dialami masyarakat itu diibaratkannya seperti ilalang kering yang mudah terbakar.

"Menteri-menteri jangan memantik api ke ilalang kering," tegasnya.

"Menteri-menteri harus konsisten kepada tugas definitif yang dimandatkan Presiden. Serta mampu memahami kondisi sulit masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi Covid-19," sambung Masinton.

Diketahui, beberapa menteri kabinet Indonesia Maju mulai terlihat melakukan safari politik ke sejumlah tokoh.

Sebut saja di antaranya Menko Perekonomian sekaligus Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Tak hanya itu, ada juga Menteri Pertahanan sekaligus Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Padahal sebelumnya Presiden Jokowi mengingatkan para menterinya untuk tetap fokus bekerja meski tahapan Pemilu 2024 dimulai sebentar lagi.

"Berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pertengahan tahun ini, saya juga minta menteri kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing," kata Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Dia pun mewanti-wanti jajarannya agar memastikan bahwa agenda-agenda strategis nasional terselenggara dengan baik.

Ini supaya Pemilu 2024 dapat dilaksanakan dengan lancar tanpa ada gangguan yang berarti.

https://nasional.kompas.com/read/2022/05/11/12085971/masinton-menteri-jangan-narsis-jalankan-agenda-politik-jadi-capres

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.