Salin Artikel

Prabowo Bertemu Perdana Menteri Malaysia, Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Bin Yaakob di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (28/10/2021).

"Di hari yang sama, selain bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia, Menhan Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia H E Dato’ Seri Hishammuddin Tun Hussein," demikian keterangan tertulis Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, dikutip dari laman kemhan.go.id, Kamis.

Dalam pertemuan dengan Ismail, Prabowo membicarakan peluang penguatan hubungan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Penguatan hubungan bilateral di bidang pertahanan antara Indonesia dan Malaysia telah dimulai sejak penandatanganan perjanjian damai pasca-konfrontasi pada 11 Agustus 1966.

Setelah itu, hubungan tersebut terus berkembang dan kemudian dibentuklah forum General Border Committee (GBC) Malindo yang diumumkan resmi pada 1971.

Kemenhan RI sendiri mendukung kegiatan GBC Malindo yang merupakan forum rutin tahunan sebagai sarana untuk memfasilitasi dialog kedua negara.

Khususnya dalam memajukan interaksi kerjasama di wilayah perbatasan.

GBC Malindo 2022 akan diselenggarakan oleh Malaysia setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Adapun kerja sama militer antara TNI dan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) telah berjalan melalui bidang operasi di darat, laut dan udara.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menyampaikan terima kasih atas tawaran pemberian obat-obatan terapeutik kepada Kemenhan dan TNI dari Malaysia.

https://nasional.kompas.com/read/2021/10/29/07595471/prabowo-bertemu-perdana-menteri-malaysia-bahas-penguatan-kerja-sama

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.