Salin Artikel

Pimpinan DPR Harap Jokowi Segera Ajukan Nama Calon Panglima TNI

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus berharap Presiden Joko Widodo segera menyerahkan surat presiden mengenai calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan segera pensiun.

"Di Komisi I ada pergantian panglima TNI, ya kita menunggu, kita monitor mudah-mudahan Bapak Presiden segera mengajukan calon panglima TNI karena Pak Hadi per 1 Desember ini sudah pensiun," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Politikus Partai Golkar itu mengingatkan, DPR akan memasuki masa reses pada 8 Oktober 2021 pekan depan hingga 7 November 2021.

Ia mengatakan, nama calon panglima perlu segera diserahkan agar Komisi I DPR memiliki waktu yang cukup untuk menyelenggarakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon panglima TNI.

"Diharapkan sebelum itu dengan massa reses yang Insya Allah selesai tanggal 7 (November) kita sudah bisa memiliki panglima TNI. Kalau enggak, kita menunggu, total waktu persiapan sangat sempit," kata Lodewijk.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pemerintah akan segera mengirimkan surat presiden mengenai calon panglima TNI ke DPR.

Menurut Pratikno, pemerintah masih memiliki cukup waktu untuk mengirimkan surpres tersebut karena Hadi masih menjabat sebagai panglima TNI hingga akhir November.

"Saya sampaikan jadi kita akan ajukan secepatnya karena waktunya kan masih cukup untuk penggantian panglima. Panglima masa jabatannya kan sampai akhir November, Jadi kita masih cukup punya waktu," kata Pratikno di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

https://nasional.kompas.com/read/2021/09/30/16212621/pimpinan-dpr-harap-jokowi-segera-ajukan-nama-calon-panglima-tni

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke