Salin Artikel

Jokowi Bertemu Togu Simorangkir, Aktivis yang Jalan Kaki dari Danau Toba ke Jakarta

Togu Simorangkir bersama rekannya, Anita Hutagalung dan Irwandi Sirait melakukan aksi jalan kaki dari Makam Raja Sisingamangaraja XII, di Soposurung, Balige, Senin (14/6/2021).

Ketiganya tiba di Jakarta setelah menempuh perjalanan selama 44 hari.

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT Toba Pulp Lestari (TPL) di area Danau Toba.

Aksi tersebut juga merespons bentrok PT TPL dengan masyarakat adat di Natumingka, Sumatera Utara.

"Tujuan dari aksi ini sebenarnya visinya itu adalah kelestarian Danau Toba untuk kesejahteraan generasi mendatang," kata Togu dikutip dari siaran pers presiden.go.id, Jumat.

"Dengan misi aksi ini kita ingin mencari perhatian publik. Kita ingin mengatakan bahwa ini lho di Danau Toba, di Tano Batak sedang ada masalah,” kata dia.

Melalui pertemuan itu, Togu menyampaikan bahwa status Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) tidak sejalan dengan aktivitas-aktivitas yang merusak lingkungan.

Sementara itu, kepada Togu, presiden mengaku telah mengetahui permasalahan lingkungan yang diadukan. Presiden berjanji mengatasi persoalan tersebut melalui penanaman kembali.

Pemerintah bakal memberikan bibit pohon. Jokowi pun berencana melakukan penanaman bersama dengan masyarakat adat pada November atau Desember mendatang.

“Tadi juga Bapak Presiden mengatakan ada 15 tanah adat yang akan diselesaikan bulan ini. Tadi saya sudah melihat lima yang sudah diselesaikan, dan sepuluh lagi akan diselesaikan beliau dalam bulan ini," ucap Togu.

Saat menerima kedatangan Togu, Jokowi sempat melakukan panggilan video (video call) dengan rekan dan keluarga Togu yang mengikuti aksi jalan kaki tetapi tak ikut hadir ke Istana.

Jokowi memastikan bahwa dia akan menyelesaikan masalah 15 tanah adat pada bulan ini.

"Kira-kira berapa luasnya, 14.000 hektare. Tadi yang 5 sudah jadi, sudah saya tunjukkan ke Pak Togu nanti biar dibawa copy-nya. Kemudian yang 15 akan saya selesaikan dalam bulan ini ya," kata Jokowi dalam tayangan video Instagram miliknya, @jokowi.

Jokowi lantas berpesan kepada rekan dan keluarga Togu untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan.

"Ya hati-hati semuanya. Salam sehat semuanya," kata dia.

Dari ujung panggilan telepon, rekan dan keluarga Togu pun menyampaikan ucapan terima kasih.

https://nasional.kompas.com/read/2021/08/06/21240021/jokowi-bertemu-togu-simorangkir-aktivis-yang-jalan-kaki-dari-danau-toba-ke

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke