Salin Artikel

Daftar 4 Alutsista TNI Bantu Penanganan Bencana di NTT dan NTB

Keempat alutsista yang dikerahkan adalah KRI Oswald Siahaan-354 milik TNI Angkatan Laut (AL), dua pesawat angkut berat Hercules C-130 dan helikopter.

"Hari ini saya telah memerintahkan KSAL untuk memberangkatkan KRI OWA-354 dalam rangka mengangkut bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial RI menuju lokasi bencana di NTT," ujar Panglima TNI dalam keterangan tertulis, Selasa (6/4/2021).

Adapun dua pesawat angkut berat C-130 Hercules tersebut berasal dari dua skadron berbeda.

Masing-masing Skadron Udara 31 Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dan Skadron Udara 32 Lanud TNI AU Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur.

Dua pesawat ini untuk mengangkut pasukan TNI dan bantuan kemanusiaan.

Selain alutsista, Panglima TNI juga telah memerintahkan jajarannya untuk mengerahkan prajurit dalam penanganan bencana di NTT dan NTB.

Ia mengatakan pengerahan prajurit TNI merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Pengerahan KRI dan pesawat angkut berat, serta rajurit TNI ke wilayah bencana alam di NTT dan NTB, merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang yang memang menjadi salah satu tugas pokok TNI," kata Panglima TNI.

Adapun prajurit TNI yang akan diterjunkan berasal dari Batalyon Zeni Kodam IX/Udayana Bali dan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar.

"Dikerahkan Batalyon Zeni TNI menuju ke lokasi bencana untuk membantu membersihkan daerah terdampak sekaligus melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, intensitas hujan tinggi yang mengguyur sejak Jumat (02/04/2021), mengakibatkan Kabupaten Bima, NTB, dilanda banjir.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupten Bima, tercatat banjir telah merendam ratusan rumah di empat kecamatan dan beberapa warga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir disertai dengan longsor juga terjadi di kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, NTT, Minggu (4/4/2021).

https://nasional.kompas.com/read/2021/04/06/14045621/daftar-4-alutsista-tni-bantu-penanganan-bencana-di-ntt-dan-ntb

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke