Salin Artikel

Indonesia-Jepang Segera Sepakati Kerja Sama soal Transfer Alutsista

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Jepang disebut akan menyepakati kerja sama terkait transfer alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan teknologi dalam waktu dekat.

Kesepakatan itu kemungkinan akan terealisasi dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi dan Menteri Pertahanan Nobuo Kishi di Tokyo, Selasa (30/3/2021) sore waktu setempat.

"Kesepakatan transfer alutsista dan teknologi tersebut pada prinsipnya akan disepakati pada saat para menteri luar negeri dan pertahanan Jepang dan Indonesia bertemu di Tokyo pada sore hari," dikutip dari Kyodo News, Selasa (30/3/2021).

Sebelum pertemuan, Retno dan Prabowo lebih dahulu bertemu Perdana Menteri Yoshihide Suga, sekitar pukul 10.40 waktu setempat.

Suga berharap pertemuan itu dapat melahirkan pakta yang menjadi dasar kerja sama keamanan lebih lanjut antara Indonesia dan jepang.

"Untuk mewujudkan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, saya ingin meningkatkan kerja sama khusus," kata Suga.

Sebelumnya, Suga telah mengunjungi Indonesia pada Oktober 2020. Kunjungan tersebut merupakan perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjabat.

Saat itu, ia bersepakat dengan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan negosiasi menuju kesepakatan tersebut.

Jepang telah menandatangani kesepakatan serupa dengan Inggris, Perancis, Jerman, India, Italia, Filipina, dan Amerika Serikat.

https://nasional.kompas.com/read/2021/03/30/13564961/indonesia-jepang-segera-sepakati-kerja-sama-soal-transfer-alutsista

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke