Salin Artikel

KPK Dorong Optimalisasi Pajak Bahan Bakar 6 Provinsi di Sulawesi

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, optimalisasi itu diawali dengan kesepakatan bersama enam Gubernur di wilayah Sulawesi, BPH Migas dan PT Pertamina.

Adapun keenam pemerintah provinsi yang dilibatkan adalah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. 

"Penandatanganan dilaksanakan hari ini bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan. MoU antara keenam pemerintah daerah dengan BPH Migas dan Pertamina ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong optimalisasi PAD dari sumber pendapatan pajak BPH Migas dan PT Pertamina," kata Febri dalam keterangan pers, Selasa (13/8/2019).

Apabila dikelola dengan tertib, kata Febri, pendapatan pajak dari PBBKB bisa memberikan kontribusi maksimal bagi enam daerah tersebut.

Kesepakatan ini nantinya ditindaklanjuti dalam bentuk pertukaran data sebagai bahan pengawasan bersama khususnya terkait distribusi dan penyaluran minyak dan gas.

"Tujuannya, agar dapat meminimalisir distribusi migas ilegal di lapangan," ujar Febri.

Menurut Febri, kesepakatan bersama itu merupakan bagian dari kegiatan monitoring dan evaluasi pencegahan korupsi di Sulawesi yang berlangsung sejak 12 Agustus hingga 16 Agustus 2019 mendatang.

"Optimalisasi pendapatan asli daerag merupakan salah satu fokus program koordinasi supervisi pencegahan terintegrasi oleh KPK," ungkapnya.

https://nasional.kompas.com/read/2019/08/13/11334681/kpk-dorong-optimalisasi-pajak-bahan-bakar-6-provinsi-di-sulawesi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke