Salin Artikel

Pantauan Satu Dunia: Di Medsos, Capres-Cawapres Irit Bicara soal Isu Korupsi, Kebanyakan Ekonomi

Hal itu disampaikan Program Manajer Pemantauan Konten dan Biaya Kampanye Capres di Media Massa dan Sosial dari Komunitas Satu Dunia, Anwari Natari.

Komunitas Satu Dunia melakukan pemantauan akun media sosial pasangan capres-cawapres beserta tim sukses mereka selama masa kampanye Pemilu 2019 atau sejak 23 September 2018.

Untuk isu korupsi, kubu Jokowi-Ma'ruf hanya mengunggah 4 kali, sementara Prabowo-Sandiaga 5 unggahan.

"Sepi sekali omongan soal korupsi di kedua kubu. Mungkin kedua kubu masih malu-malu ngomongin korupsi karena kedua kubu mungkin ada track record sama," kata Anwari dalam sebuah diskusi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Sementara itu, dalam isu ekonomi, meskipun banyak dibahas, tetapi terjadi suatu ketimpangan.

Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih banyak mengangkat isu tersebut dibanding pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Kubu Prabowo-Sandiaga mengunggah 211 kali isu ekonomi, sementara Jokowi-Ma'ruf 87. 

"Isu ekonomi itu, paslon nomor urut 01 (Jokowi-Ma'ruf) mengklaim keberhasilan ekonomi, paslon nomor urut 02 (Prabowo-Sandiaga) mengklaim kegagalan ekonomi (petahana), tanpa pernah memberitahu bagaimana mengatasi," ujar Anwari.

Tercatat, isu yang juga banyak dibahas di media sosial pasangan calon adalah soal demokrasi dan HAM, yang perbandinganya mencapai 124:184 (Jokowi-Ma'ruf: Prabowo-Sandiaga).

Sementara itu, terpantau isu-isu yang masih sepi pembahasan, misalnya isu gender yang perbandingannya 2:17 (Jokowi-Ma'ruf:Prabowo-Sandi), keberagaman 39:85, hukum 10:11, HAM 2:26, disabilitas 2:19, bencana 2:26, dan isu ekologi 2:2.

Ke depannya, Satu Dunia mendorong supaya pasangan calon dapat memuat konten kampanye yang substanif, lebih variatif dan tidak berdampak negatif bagi pemilih.

"Kita ingin dorong kedua paslon berhenti mengusung konten-konten yang receh di dunia maya," kata Anwar.

Dalam melakukan pemantauan, Komunitas Satu Dunia meneliti akun-akun media sosial yang digunakanoleh partai politik, capres-cawapres, dan elite partai. 

Tercatat, ada 16 akun yang terafiliasi dengan pasangan Jokowi-Ma'ruf dan 18 akun terafiliasi dengan Prabowo-Sandiaga.

Akun-akun tersebut terdaftar di KPU. Adapun data diperoleh dari situs www.iklancapres.id.

https://nasional.kompas.com/read/2018/12/13/07420361/pantauan-satu-dunia-di-medsos-capres-cawapres-irit-bicara-soal-isu-korupsi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke