Salin Artikel

Guyon "Tampang Boyolali", Prabowo Dinilai Kurang Paham Budaya Timur

Hasto merespons candaan "tampang Boyolali" yang dilontarkan Prabowo saat berpidato beberapa waktu lalu. 

"Apa yang disampaikan Pak Prabowo hanya pas dalam budaya barat. Mungkin karena Pak Prabowo lama hidup di luar negeri sehingga tidak memahami tepo sliro dalam budaya Jawa atau kurang paham budaya Indonesia karena masa kecilnya dibesarkan di negara barat," ujar Hasto melalui keterangan tertulis, Selasa (6/11/2018).

Menurut Hasto, candaan "tampang Boyolali" yang berbuntut polemik seharusnya bisa jadi pelajaran bagi Prabowo. Hasto mengatakan, komunikasi politik yang baik dan pemahaman terhadap budaya sendiri sangat penting dalam berpolitik.

Khususnya dalam kontestasi politik seperti pemilu. Hasto mengatakan seorang calon presiden harus menggelorakan martabat rakyatnya. Bukan malah bersikap seolah merendahkan rakyat.

"Sehingga meskipun secara lahir nampak biasa, namun punya kebanggaan sebagai warga negara Indonesia," kata Hasto.

Sikap Prabowo juga dinilai kemunduran dalam demokrasi. Hasto mengatakan status apapun baik dari segi suku hingga profesi, tidak perlu dibedakan.

Bahkan, tukang sapu adalah orang yang bermartabat selama dia percaya diri. Hal yang sama berlaku bagi warga Boyolali dan warga dari daerah lainnya.

"Hal ini lah yang seharusnya dilihat Pak Prabowo. Sayangnya Beliau kurang memahami kultur timur seperti ini," ujar Hasto.

Sebelumnya, sejumlah warga Boyolali menggelar aksi protes warga Boyolali terhadap pidato Prabowo. Aksi tersebut berlangsung di Balai Sidang Mahesa Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (4/11/2018).

Polemik ini berawal dari viralnya video pidato Prabowo yang menyebutkan istilah "Tampang Boyolali".

Awalnya, Prabowo membahas peningkatan kapasitas produksi karena menurut data yang mereka terima, terjadi penurunan kesejahteraan di desa.

Adapun bunyi pidatonya sebagai berikut:

"...Dan saya yakin kalian nggak pernah masuk hotel-hotel tersebut, betul? (Betul, sahut hadirin yang ada di acara tersebut). Mungkin kalian diusir, tampang kalian tidak tampang orang kaya, tampang kalian ya tampang orang Boyolali ini."

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/06/15360271/guyon-tampang-boyolali-prabowo-dinilai-kurang-paham-budaya-timur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke