Salin Artikel

Kemensos Pastikan Distribusi Bantuan Logistik ke Sulteng Aman

“Alhamdulilah tadi dikawal langsung oleh tim kita salah satu kasubdit di lingkungan direktorat jenderal mengawal langsung dari Gorontalo-Palu dan Direktur Perlindungan Sosial dan Bencana Alam Pak Margo Wiyono dari Sulawesi Selatan ke Sulawesi Barat lalu ke Sulawesi Tengah kita kawal,” tutur Sekretaris Jenderal Kemensos RI Hartono Laras kepada Kompas.com, Senin (1/10/2018).

Pengawalan distribusi bantuan logistik dari Kemensos, kata Hartono, sudah menjadi tugas dan melalui standar operational prosedur (SOP) dari aparat keamanan.

“Kalau untuk pengamanan distibusi logistik sudah tugas Polri TNI sudah otomatis itu,” kata Hartono.

Kemensos, kata Hartono, akan berupaya sekuat tenaga menyediakan dan mendistribusikan bantuan logistik untuk para pengungsi yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Kita upayakan all out mengirim barang-barang kita yang ada di gudang Makassar kemudian juga di Bekasi melalui Halim (Bandar Udara Halim Perdanakusuma) saat ini menunggu penerbangan,” kata Hartono.

Hartono menekankan, kebutuhan mendesak yang diperlukan masyarakat yang terdampak bencana gempa dan tsunami, baik di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah adalah kebutuhan makanan dan juga evakuasi para korban.

“Kebutuhan orang dalam kondisi apapun tidak boleh tidak makan harus makan. Kebutuhan sangat diperlukan bahan-bahan makanan dan kemudian tempat pengungsian,” kata Hartono.

Diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 7,4 yang mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) petang, juga menyebabkan tsunami. Menurut data BMKG, tsunami itu terjadi setidaknya di tiga wilayah, yaitu Palu, Donggala, dan Mamuju.

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/01/16350431/kemensos-pastikan-distribusi-bantuan-logistik-ke-sulteng-aman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke