Salin Artikel

Survei Tunjukkan Hidup Masyarakat Makin Sulit, Jokowi Jadikan Masukan

Ini termasuk survei dari Indikator Politik Indonesia yang menyebutkan bahwa masyarakat merasa semakin sulit dalam membeli kebutuhan pokok dan mendapatkan pekerjaan.

"Intinya, survei itu adalah salah satu masukan bagi kinerja Pemerintahan Jokowi-JK (Jusuf Kalla). Jelek kah? Baik kah? Bisa jadi masukan," kata Johan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 17-24 September 2017 menunjukkan, masyarakat merasa makin sulit dalam membeli kebutuhan pokok. Sebanyak 43 persen responden merasa semakin berat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari.

Hanya 18 persen yang menyatakan pemenuhan kebutuhan pokok semakin ringan dibanding tahun lalu.

Sebanyak 54 responden juga merasa mencari pekerjaan makin sulit. Hanya 14 persen responden yang merasa mencari pekerjaan semakin mudah.

"Kalau hasil surveinya itu tidak bagus ya untuk memperbaiki. Yang bagus untuk meningkatkan lagi," ujar Johan.

Namun, saat ditanya mengenai solusi terkait permasalahan ini, Johan enggan menjawab. Ia meminta wartawan bertanya kepada menteri terkait.

Johan menegaskan, terlepas dari sejumlah rapor merah di bidang ekonomi, namun kepuasan masyarakat secara umum terhadap kinerja Jokowi-JK masih tinggi.

Survei indikator menunjukkan, secara umum 68,3 persen responden masih puas terhadap tiga tahun kinerja Jokowi-JK.

"Apakah hasil survei itu bagus atau tidak, presiden atau pemerintah bukan bekerja untuk survei bagus, presiden bekerja sesuai konstitusi untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat," ucap Johan.

https://nasional.kompas.com/read/2017/10/18/16273191/survei-tunjukkan-hidup-masyarakat-makin-sulit-jokowi-jadikan-masukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke