Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2015, 21:45 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
— Pelaksana Tugas Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Taufiequrachman Ruki menantang Wakil Kepala Polri yang juga calon kapolri Komjen Badrodin Haiti untuk memperkuat KPK. Seusai pertemuan antara pimpinan KPK dan pimpinan Polri, Jumat (20/2/2015), di Mabes Polri, Jakarta, ia mengungkapkan tantangan itu kepada Badrodin.

"Saya nanya Wakapolri, Anda dituduh memperlemah KPK. Saya tantang, mau enggak Anda memperkuat KPK?" kata Ruki, menirukan pernyataannya kepada Badrodin.

Menurut Ruki, Badrodin menanyakan apa yang bisa dilakukan untuk memperkuat KPK. Lantas, Ruki mengajukan sebuah permintaan, "Minta 50 orang penyidik," katanya.

Mendengar permintaan ini, kata Ruki, Badrodin menjawab, "Besok juga saya kirim penyidik yang KPK mau," kata Ruki meniru perkataan Badrodin.

Namun, kata Ruki, KPK tak akan menerima penyidik tanpa melalui proses seleksi. "Eh, nanti dulu, nanti dikira orang-orang asal-asalan lagi. Harus kami seleksi dulu," ujar dia.

Ruki mengatakan, ia teringat masa-masa awal KPK dibentuk. Menurut dia, komunikasi antara pimpinan KPK dengan Polri terjalin dengan baik. KPK juga selalu mendapatkan bantuan Polri jika kekurangan dalam hal tertentu. Demikian pula sebaiknya.

"Dulu kami minta penyidik. Begitu dikasih, kami didik dulu. Mendidiknya pun di Akpol tiga bulan. Sekarang mereka jadi penggerak di KPK," kata Ruki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com