Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Menteri Tinggal di Kantor Dikritik, "Blusukan" Dikritik

Kompas.com - 07/11/2014, 16:54 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Wakil Presiden Jusuf Kalla membela para menterinya yang dituding melakukan pencitraan karena blusukan. Menurut Kalla, blusukan menjadi salah satu prinsip Kabinet Kerja.

"Itu sistem, believe your eyes. Prinsip kita, jangan hanya tunggu laporan dari anak buah, itulah blusukan," kata Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (7/11/2014).

JK menegaskan, blusukan bukanlah hal baru. Kegiatan blusukan, kata dia, telah dilakukan sejak jauh hari oleh pemimpin yang ingin melihat langsung kondisi atau permasalahan rakyatnya.

Ia melanjutkan, menteri yang blusukan kemudian dianggap pencitraan karena diberitakan oleh media. Bagi Kalla, tak akan ada anggapan pencitraan jika media tidak selalu mengikuti kegiatan para menteri tersebut.

"Menteri tinggal di kantor Anda kritik, menteri blusukan Anda kritik," seloroh Kalla.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyindir para menteri dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang mulai melakukan blusukan dan inspeksi mendadak (sidak) ke lapangan.

Menurut Fadli, upaya tersebut bukan karena kerja sungguhan, melainkan hanya pencitraan. (Baca: Fadli Zon: Blusukan Ngajak Wartawan, Namanya Pencitraan!)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com