Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 26 April 2024 Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 24/04/2024, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 26 April 2024 jatuh pada hari Jumat. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 26 April 2024.

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN)

Tanggal 26 April 2024 ada peringatan nasional bernama Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).

Terpilihnya tanggal 26 April karena dilatarbelakangi bertepatan dengan ditetapkannya Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang Penangulangan Bencana yang jatuh pada 26 April 2017.

HKBN ini dicetuskan oleh Badan Nasional Penanggukangan Bencana (BNPB). Tujuannya agar bisa meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan seluruh lapisan masyarakat agar menjadi Indonesia Tangguh Bencana.

Peringatan nasional ini sudah berlangsung sejak tahun 2017. Biasanya diadakan rangkaian kegiatan secara rutin seperti latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini, uji shelter dan lainnya.

HKB tahun ini akan melibatkan 36 Kab/Kota Penerima Program IDRIP dan Puncak Acara dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat dengan mengangkat tema "Siap Untuk Selamat" dengan subtema 2024 "Indonesia Tangguh, Indonesia Hebat".

Hari Kesehatan Wanita Sedunia

Tanggal 26 April 2024 ada peringatan global Hari Kesehatan Wanita Sedunia.

Dunia perlu menyoroti hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan wanita, termasuk manajemen stres, kesejahteraan fisik dan mental, kebersihan tidur, nutrisi, dan perhatian. 

Melansir National Today, tujuan adanya hari ini yakni agar perempuan didorong untuk menjadikan diri mereka sebagai prioritas dan fokus pada kesehatan dan kesejahteraan mereka. 

Saat ini kesetaraan gender sudah mulai dilakukan banyak orang. Meskipun tidak ada diskriminasi pada kaum perempuan namun seringkali perempuan melupakan kebahagiaan dan kesehatan mereka. 

“Diversity Woman Media” ingin membantu perempuan menjadi yang terbaik dengan menunjukkan kepada mereka bagaimana mengutamakan kebutuhan mereka sendiri. Hasilnya adalah ibu, istri, pasangan, karyawan, dan masyarakat yang lebih bahagia.

Baca juga: Tanggal 20 April 2024 Memperingati Hari Apa?

National No Make Up Day

Hari Tanpa Make Up ada di Amerika Serikat namun diikuti negara lain. Perayaan hari ini dengan menunjukan wajah tanpa make up.

Wanita biasanya menutupi kekurangan di wajahnya dengan make up sehingga tampil lebih cantik. Namun patut diingat bahwa wanita perlu belajar mencintai diri sendiri dengan tanpa make up.

Belum diketahui asal-usul bagaimana hari ini ada. Namun hari unik ini ditemukan pada 25 April 2015 dan mulai menjadi viral media sosial di tahun 2017.

Lebih dari 13 juta postingan Instagram telah menggunakan tagar #NoMakeup, dengan banyak di antaranya berasal dari influencer dan selebritas dengan ribuan pengikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com