Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awali Kunker Hari Ke-2 di Sulbar, Jokowi Tinjau Kantor Gubernur

Kompas.com - 23/04/2024, 14:35 WIB
Fika Nurul Ulya,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa (23/4/2024).

Jokowi menyempatkan diri meninjau kantor Gubernur Sulawesi Barat yang sempat hancur saat terjadi gempa pada tahun 2021 lalu.

Diketahui, Kantor Gubernur Sulawesi Barat adalah salah satu bangunan yang mengalami kerusakan berat akibat gempa berkekuatan 6,2 M terjadi pada 15 Januari 2021 lalu.

Dikutip dari siaran resmi Sekretariat Presiden, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kemudian mulai rehabilitasi dan rekonstruksi kantor tersebut pada 30 Agustus 2022 dan selesai pada 2 Desember 2023.

Baca juga: Jokowi Janji Bakal Bangun Asrama dan Kirim Mobil Listrik ke SMK 1 Rangas

Usai meninjau kantor Gubernur Sulawesi Barat, Jokowi lantas menuju SMKN 1 Rangas, Kabupaten Mamuju untuk meninjau fasilitas pendidikan yang sempat rusak pula akibat gempa.

Di tempat yang sama, Jokowi meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi 147 infrastruktur pascabencana, serta Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Barat.

"Anggaran yang telah dikeluarkan pemerintah pusat sebesar Rp 1,31 triliun. Ini duit semuanya," kata Jokowi dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Selanjutnya usai peresmian, Kepala Negara bertolak menuju Kabupaten Mamasa dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU melalui helipad Lapangan Tammajarra Korem 142/Taroada.

Baca juga: Tanggapi Putusan MK, KSP: Bansos Jokowi Tidak Memengaruhi Pemilih Memilih 02

Di Kabupaten Mamasa, Presiden Jokowi akan mengunjungi Pasar Tumpah Mamasa serta meninjau fasilitas dan pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kondosapata.

Selesai berkegiatan di Kabupaten Mamasa, Presiden akan kembali menuju Bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju, untuk lepas landas menuju Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Barat antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Pj Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakhrulloh.

Baca juga: Jokowi Resmikan 147 Bangunan Pascagempa dan 3 Ruas Jalan Daerah di Sulbar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com