Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Anies-Muhaimin Akan Terus Bahas Pencalonan Gibran dalam Debat Pilpres

Kompas.com - 18/01/2024, 06:26 WIB
Singgih Wiryono,
Krisiandi

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan terus membahas pencalonan 

Terkait pelanggaran etik perilaku hakim yang memuluskan pencalonan wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka akan terus dibahas oleh kubu capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Hal itu disampaikan juru bicara Tim Nasional Anies-Muhaimin, Billy David saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (17/1/2024).

Kubu Anies-Muhaimin beranggapan, pencalonan Gibran sebagai cawapres harus dipersoalkan karena terkait dengan adanya pelanggaran etik hakim Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Itu (persoalan etik) menjadi pesan utama dalam debat sejak pertama sampai debat terakhir akan kami suarakan karena itu awal mula dari segala proses yang tidak benar," katanya.

Baca juga: Momen Anies, Prabowo, dan Ganjar Guyub Saat Turun dari Panggung Acara KPK

Billy mengatakan, pencalonan anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu telah mengangkangi demokrasi dan konstitusi.

Sebab itulah, kata Billy, persoalan terkait etika calon pemimpin masa depan ini akan terus disuarakan.


"Di debat yang akan kita kaitkan dengan pertanyaan-pertanyaan, ingat debat ketiga kemarin Pak Anies mengaitkan sebagai Menhan untuk melihat itu, debat keempat juga dikaitkan sama itu," tandasnya.

Baca juga: Anies Tak Mau KPK Diisi Orang-orang yang Sekadar Cari Pekerjaan

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat kedua cawapres yang akan digelar Minggu (21/1/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat sebagai lokasi.

Adapun tema yang diusung terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Tiga cawapres yang akan naik panggung debat adalah Muhaimin Iskandar dari nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Mahfud MD dari nomor urut 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com