Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tambah LO Paslon untuk Tertibkan Pendukung Saat Debat Keempat Pilpres

Kompas.com - 17/01/2024, 17:41 WIB
Vitorio Mantalean,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan bahwa jumlah naradamping (liaison officer/LO) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pada debat keempat pemilihan presiden (Pilpres) nanti bakal ditambah.

Hal ini bertujuan agar setiap area pendukung masing-masing pasangan calon (paslon) memiliki LO-nya.

Pasalnya, para LO tersebut yang akan menjadi kepanjangan tangan KPU untuk mengingatkan pendukung agar berlaku sesuai ketentuan.

"Di pertemuan rapat koordinasi (dengan tim pasangan calon), salah satu isu tentu saja ini (ketertiban pendukung)," kata Koordinator Divisi Sosialisasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, August Mellaz, Rabu (17/1/2024).

Baca juga: KPU: Debat Keempat Pilpres Dilaksanakan di JCC

Kemudian, para LO dengan akses penuh akan ditempatkan secara khusus dekat dengan KPU RI agar dapat sama-sama mengobservasi pelaksanaan debat.

Agust mengatakan, LO tambahan akan berjumlah masing-masing dua orang. Satu orang akan ditempatkan di area pendukung di kursi belakang cawapres yang berdebat.

Kemudian, satu orang lainnya akan ditempatkan di area pendukung di depan cawapres.

Baca juga: Debat Keempat, KPU Padatkan Tema Sumber Daya Alam dan Energi

Sebelumnya, isu ketertiban pendukung ini menjadi salah satu soal yang ditemukan saat debat ketiga Pilpres pada 7 Januari 2024.

Sejumlah orang diduga pendukung capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, terekam mengumpat dan meneriaki Anies Baswedan selama debat berlangsung.

Sementara itu, para pendukung capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, rutin mengacungkan salam tiga jari ala Hunger Games ketika Prabowo berbicara dalam debat, yang dianggap sebagai cara merusak konsentrasi.

Situasi ini sampai membuat anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka, menghampiri langsung moderator debat saat jeda pariwara untuk melayangkan protes.

Baca juga: KPU Umumkan 11 Panelis Debat Kedua Cawapres, Tema Lingkungan, Energi, hingga Desa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com