Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Posko Pemenangan di Sumbar, Muhaimin Targetkan Menang Besar di Kandang Prabowo

Kompas.com - 05/12/2023, 10:23 WIB
Tatang Guritno,
Ihsanuddin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menargetkan kemenangan besar di Sumatera Barat, yang merupakan basis suara calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikannya, saat meresmikan posko pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) di Padang, Sumatera Barat, Senin (4/12/2023) malam.

“Target kami masih mungkin dan sangat mungkin menjadi 80 persen. Itu kenapa? Karena no choice, pilihan Amin sesuai dengan aspirasi yang berkembang di Sumatera Barat,” ujar Muhaimin pada awak media.

Baca juga: Cak Imin: Pak Jokowi Judulnya Benar soal Distribusi Lahan, tetapi Praktiknya Salah

Adapun dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu, suara Prabowo dan Sandiaga Uno di Sumatera Barat menang telak atas Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Kala itu, Prabowo-Sandiaga memperoleh 85,9 persen suara atau 2,88 juta. Sementara, Jokowi-Ma’ruf hanya mendapatkan 14,1 persen suara atau 407.761.

Meski demikian, Cak Imin bisa optimistis meraup suara maksimal di Sumbar. Ia menuturkan, dukungan pada Amin merata di 19 kabupaten/kota di Sumbar.

Namun, Padang menjadi salah satu kawasan prioritas karena jumlah penduduknya yang padat.

“Saya tadi di pasar ketemu orang. Orangnya bilang,’ Pak Muhaimin jangan lama-lama di sini. Di sini sudah kami beresin, semua (pilih) Amin,’” sebut dia.

Baca juga: Kembali Singgung IKN, Anies: Anggaran Besar Digunakan untuk Kebutuhan Tak Urgen

Bagi Muhaimin, gerakan perubahan semakin besar di Sumatera Barat. Ia optimis bisa meraih kemenangan di wilayah tersebut.

“Insya Allah, kita yakin dan optimis para ketua-ketua adat, kiai, ulama, tokoh-tokoh masyarakat semuanya telah bergabung membawa kemenangan Amin,” imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com