Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu di AS, Jokowi dan Chairman ExxonMobile Bahas Rencana Pembangunan Kilang Petrokimia Hijau

Kompas.com - 16/11/2023, 05:49 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Chairman ExxonMobil Corporation Darren Woods di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (15/11/2023).

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, salah satu yang dibahas kedua tokoh adalah soal pembangunan kilang petrokimia hijau di Indonesia.

"Bapak presiden tadi pagi memang bertemu dengan Bapak CEO dan juga tim dari Exxon Mobil. Dalam pembicaraan tadi ada dua hal yang dibahas. Yang pertama, adalah rencana pembangunan kilang petrokimia hijau," ujar Retno dalam keterangan pers secara daring yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (16/11/2023).

"Dan yang kedua adalah untuk carbon capture storage (CCS)," katanya lagi.

Baca juga: JK: Pak Jokowi Bagus Pertamanya, tapi Belum 10 Tahun Sudah Bermasalah

Retno mengungkapkan, apabila pembangunan kilang petrokimia yang dibicarakan bisa direalisasikan, maka akan menjadi salah satu yang tercanggih di dunia.

Selain itu, fasilitas CCS-nya akan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

"Ini adalah proyek yang sedang dibahas dan kalau proyek ini dapat dilakukan, maka nilai investasinya akan mencapai sekitar 15 miliar Dolar AS," ujar Retno Marsudi.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi dan rombongan terbatas telah berada di Amerika sejak Minggu (12/11/2023).

Dalam kunjungannya ke Amerika kali ini, Jokowi bertemu dengan Presiden Joe Biden dan memberikan kuliah umum di Georgetown University.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di San Francisco.

Sementara itu, sebelum mengunjungi AS, Presiden Jokowi terlebih dulu menghadiri di KTT OKI di Arab Saudi pada 11-12 November 2023.

Baca juga: Dampingi Jokowi Bertemu Joe Biden, Mendag Zulhas Sebut Indonesia-AS Sepakati Kemitraan Strategis Komprehensif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com