Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yakin Jokowi Tak Berpihak pada Capres Tertentu, Puan: Kan, Negarawan

Kompas.com - 25/10/2023, 18:30 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Puan Maharani meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan berpihak kepada capres-cawapres tertentu untuk Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan usai ditanya adanya risiko Presiden Jokowi memanfaatkan fasilitas negara demi memenangkan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka yang maju menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

"Pak Jokowi kan seorang negarawan dan menyatakan siap menjadi presiden bagi seluruh rakyat Indonesia dan tidak akan berpihak kepada siapa pun dari ketiga calon tersebut," kata Puan ditemui di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Baca juga: Adian Bilang Jokowi Minta 3 Periode tetapi Ditolak PDI-P, Faldo Maldini: Bisa Jadi Fitnah

Kendati demikian, dia menyerahkan semuanya kembali kepada masyarakat. Ia juga mengharapkan peran media massa untuk mengawasi jalannya pemilu agar dijalankan secara adil.  

"Jadi saya minta kepada seluruh media untuk bisa membantu pelaksanaan pemilu yang akan datang ini bisa berjalan jujur, adil, gembira kemudian enggak bikin rakyat deg-degan dan tidak ada ketidakadilan bagi seluruh calon," ujarnya.

Baca juga: Adian Napitupulu Ungkap Persoalan Jokowi dan PDI-P Bermula dari Ditolaknya Permintaan Presiden 3 Periode

Ketua DPR RI ini menyatakan, masyarakat juga berperan untuk mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilu 2024.

Tak hanya itu, menurutnya semua pihak memiliki peran masing-masing untuk menciptakan Pemilu yang aman, damai, jujur dan adil.

"Jadi kita sama-sama menjaga pemilu ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," tegasnya.


Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan telah memberi restu Gibran yang dipasangkan dengan Prabowo untuk menjajaki Pilpres 2024.

"Ya orangtua tugasnya hanya mendoakan dan merestui," kata Jokowi saat ditemui awak media setelah memimpin Apel Hari Santri Nasional 2023, di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Baca juga: Puan Maharani Tepis Isu Jokowi Minta Jabatan Tiga Periode

Jokowi menekankan, sebagai orangtua, ia tak ingin terlalu banyak ikut campur dalam keputusan yang diambil anaknya.

Di sisi lain, PDI-P belum memberikan sanksi apapun pada Gibran. Sebab, sampai saat ini putra sulung Jokowi itu masih berstatus sebagai kader partai berlogo banteng tersebut.

Diketahui, dalam pemilihan presiden ini akan ada tiga pasangan calon yang mendaftar Pilpres 2024. Yaitu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Jokowi pun mengaku mendukung semua bacapres yang kemungkinan akan berkontestasi di pemilu presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Baca juga: Jawab Pertanyaan Puan, Jokowi Sebut Dukung Semua Capres

"Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini," kata Jokowi, usai menjadi inspektur di Apel Hari Santri Nasional 2023, di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Selain itu, Jokowi memberikan hanya jawaban serupa, ketika ditanya terkait dukunganya kepada salah satu capres. Sebab, menurutnya, keputusan tersebut demi kebaikan Indonesia.

“Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” ucapnya.

Baca juga: Puan Sebut Jokowi sebagai Negarawan karena Dukung Semua Capres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com