Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Buka Latihan Bersama Negara ASEAN di Batam

Kompas.com - 19/09/2023, 11:30 WIB
Syakirun Ni'am,
Icha Rastika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membuka acara Latihan Bersama Terpadu ASEAN Solidarity Exercise 2023 (Asex-01) 2023 di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (19/9/2023).

Yudo mengatakan, seremonial latihan itu dihadiri Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia Chief General Tan Sri Mohammad Ab Rahman dan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Vice Admiral (VADM) Aaron Beng.

Selain itu, hadir Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Thailand dan sejumlah representasi militer negara sahabat di ASEAN.

"Ini wujud solidaritas ASEAN yang lalu pernah saya gagas di dalam ASEAN Defence Force Meeting, di Bali, pada bulan Agustus yang lalu," ujar Yudo saat ditemui awak media di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Baca juga: Isu Perpanjangan Usia Pensiun Panglima TNI yang Muncul Jelang Pemilu

Yudo mengatakan, upaya ini dalam rangka mewujudkan sentralisasi ASEAN di mana latihan hanya diikuti perwakilan negara Asia Tenggara.

Selama ini, kata Yudo, latihan militer negara-negara ASEAN selalu digelar bersama negara lain.

Yudo mengatakan, pihak Angkatan Bersenjata Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam mengirimkan malam tempur mereka untuk mengikuti latihan bersama ini.

Sementara itu, pihak TNI menerjunkan salah satunya KRI dr Radjiman Wedyodiningrat, kapal rumah sakit bantu terbesar.

"Nanti rutenya dari Batam menuju ke Ranai (Natuna) dan di Ranai kita akan laksanakan bakti sosial, bakti kesehatan, intinya untuk kesejahteraan masyarakat di Natuna," ucap Yudo.

Menurut Yudo, kegiatan ini dihadiri seluruh perwakilan negara-negara ASEAN.

Baca juga: Alasan Lemhannas Getol Usulkan Pembentukan Angkatan Siber di TNI

 

Meskipun pimpinan militer beberapa negara tidak hadir, mereka mengirimkan anak buahnya untuk mengikuti latihan se-ASEAN yang pertama kali ini.

"Akan kita laksanakan latihan yang selama ini sudah rutin, sudah kita laksanakan di dalam seperti dalam passing exercise," ucap Yudo.

Adapun dalam latihan ini para delegasi militer se-ASEAN akan mempelajari maritime security (Marsec/keamanan laut), penanggulangan bencana (human assistance & dissaster relief/hadr), engineer civil action project (ENCAP), medical civil action project (MEDCAP), cargo drop, dan bakti sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com