Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo dan Parpol Koalisi Bahas Program, Janji Lanjutkan Kerja Jokowi

Kompas.com - 15/09/2023, 10:43 WIB
Fitria Chusna Farisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Elite partai politik (parpol) pendukung bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, menggelar pertemuan di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Kamis (14/9/2023) malam.

Prabowo mengungkap, dalam pertemuan itu, dirinya dan jajaran parpol koalisi membahas program-program yang akan ditawarkan Koalisi Indonesia Maju pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

“Kita berkumpul, pimpinan Koalisi Indonesia Maju, dan kita brainstorming. Tadi sudah dibahas program, langkah yang akan kita tempuh,” kata Prabowo di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, dikutip dari Kompas TV.

Di hadapan elite parpol koalisi, kata Prabowo, dirinya memaparkan agenda-agenda pembangunan.

Baca juga: Prabowo Bertemu Ridwan Kamil, Gerindra: Kang Emil Namanya Harum

Prabowo tak memerinci agenda yang dia tawarkan. Namun, Menteri Pertahanan itu memastikan bakal meneruskan kerja-kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Intinya landasan kuat yang sudah dicapai oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, landasan ekonomi yang sudah kuat diakui seluruh dunia, prestasi yang sudah dicapai ini, momentum ini, kita akan amankan, pertahankan untuk menjadi suatu landasan untuk meneruskan pembangunan bangsa,” ujarnya.

Nantinya, gagasan yang ditawarkan oleh Prabowo ini akan menjadi landasan bagi tim pakar untuk menggodok program-program Koalisi Indonesia Maju. Tim pakar sendiri kelak diisi oleh jajaran parpol koalisi.

Prabowo berjanji, program yang bakal dia usung ke depan memprioritaskan kesejahteraan rakyat.

“Kita semuanya memiliki target yang jelas, kriteria yang jelas, kita sangat optimistis melihat masa depan bangsa. Posisi kita menguat terus dan kita yakin rakyat Indonesia tidak lama lagi mencapai kesejahteraan yang diidam-idamkan,” tutur Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkap bahwa ada 12 gagasan pokok yang ditawarkan Prabowo sebagai program Koalisi Indonesia Maju.

Gagasan-gagasan tersebut disetujui oleh parpol koalisi dan ke depan akan dimatangkan.

“Tadi Pak Prabowo memaparkan 12 fokus kebijakan. Saya bilang, saya setuju banget, Pak. Enggak ditambah juga enggak apa-apa, sudah 12,” tutur Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan.

Baca juga: Gerindra: Ada yang Usul Ridwan Kamil Cawapres Prabowo

Adapun dalam pertemuan itu, hadir empat pimpinan dan jajaran elite partai politik pendukung Prabowo. Keempat pimpinan patpol tersebut yakni, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta.

Gerindra dan keempat partai tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju, mendukung pencalonan Prabowo sebagai presiden Pemilu 2024.

Hingga kini, Prabowo belum mengumumkan sosok bakal cawapres. Namun, sejumlah nama digadang-gadang jadi cawapres potensial pendamping Prabowo, salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com