Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

96 Persen Masyarakat Indonesia Percaya Tuhan, Jokowi: "Alhamdulillah"

Kompas.com - 01/08/2023, 22:21 WIB
Ardito Ramadhan,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengucap syukur karena riset Pew Research menunjukkan bahwa 96 persen masyarakat Indonesia percaya kepada Tuhan.

Jokowi mengatakan, tingkat kepercayaan bangsa Indonesia terhadap Tuhan merulakan yang tertinggi di dunia, bahkan di antara negara-negara Timur Tengah.

"Yang saya baca, 96 persen masyarakat Indonesia itu percaya pada Tuhan, dan angka ini adalah tertinggi di dunia, alhamdulillah," kata Jokowi dalam acara zikir dan doa kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/8/2023) malam.

Baca juga: Jokowi Resmikan Sodetan Ciliwung, Anies: Ada Proses di Balik Seremoni

Menurut Jokowi, hal itu merupakan modal kuat bagi bangsa Indonesia karena kepercayaan kepada Tuhan membuat manusia punya moral dan tata nilai yang baik serta kekuatan dalam menghadapi berbagai masalah.

"Masalah ke depan akan semakin kompleks dan semakin banyak, punya kompas dalam hidup. Ada kompasnya kalau kita percaya pada Allah SWT," kata dia.

Dengan percaya kepada Tuhan, kata Jokowi, manusia juga akan melakukan hal-hal baik serta saling menghargai dan tolong-menolong di antara sesama manusia.

"Dan memperkuat hablum minallah dan hablum minannas, serta menjauhkan kita dari hal-hal yang tidak baik, hal-hal yang buruk," kata dia.

Jokowi pun berterima kasih kepada para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, guru, orangtua, dan seluruh komponen bangsa yang mengajarkan dan membimbing anak-anak Indonesia tentang kepercayaan kepada Tuhan.

Baca juga: Jokowi: Anugerah Luar Biasa, Kita Bisa Lepas dari Covid-19

Ia menegaskan, pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan kehidupan beragama yang baik, nyaman, toleran, dan kondusif sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945.

"Marilah kita terus merawat kerukunan kita, merawat toleransi kita, sikap saling menghargai, sikap saling menolong, agar bangsan ini dapat menjadi bansga yang bersatu, bangsa yang maju," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com