Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhaimin Mengaku Tak Tahu Fraksi PKB Bertemu PDI-P

Kompas.com - 09/07/2023, 20:56 WIB
Syakirun Ni'am,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku tidak mengetahui soal pertemuan Fraksi PKB dan Fraksi PDI-P, yang salah satunya membicarakan peluang kerja sama di Pemilu 2024.

Muhaimin mengatakan, karena tidak mengetahui hal tersebut, ia tidak membicarakannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang datang menyambanginya di rumah, pada hari ini, Minggu (9/7/2023).

“Pertemuannya saya juga enggak tahu, jadi enggak dibahas. Masih belum,” kata Muhaimin dalam konferensi pers bersama Prabowo di halaman kediamannya, Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Baca juga: Fraksi PDI-P dan PKB Bertemu di DPR Bahas Peluang Kerja Sama Pilpres 2024

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda menambahkan, pertemuan Fraksi PDI-P dengan Fraksi PKB dilakukan ketika Cak Imin menunaikan ibadah haji.

Dia mengatakan, Muhaimin baru tiba di tanah akhir dua hari lalu, dan pada hari ini dikunjungi oleh Prabowo Subianto.

“Jadi setahu saya teman-teman Fraksi belum melaporkan,” tutur Huda.

Adapun pertemuan Fraksi PDI-P dan PKB sebelumnya diungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDI-P, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

Bambang mengatakan, pertemuan yang digelar di ruang Fraksi PDI-P pada Rabu (5/7/2023) lalu membicarakan beberapa persoalan, termasuk peluang kerjasama pada Pemilu 2024.

"Apakah di situ capres (calon presiden) cawapres (calon wakil presiden) dibicarakan? Ya, dibicarakan. Tapi kan kita semua tahu, itu adalah masukan untuk Ibu Ketum untuk kami sampaikan," kata Pacul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Soal Fraksi PDI-P dan PKB Bertemu, Gerindra: Kita Tahu, Komunikasi Baik-baik Saja

Pertemuan antar fraksi itu dilakukan dipimpin oleh masing-masing ketua fraksi. Fraksi PKB dipimpin oleh Cucun Syamsurizal, sedangkan Fraksi PDI-P dipimpin oleh Utut Adianto

Pada hari ini, Prabowo menyambangi kediaman Muhaimin yang baru pulang menunaikan ibadah haji. Muhaimin menyambut Prabowo dan koleganya dengan air zamzam oleh-oleh dari Arab Saudi.

“Kedatangan beliau langsung kita sambut dengan minum zamzam. Insya Allah segar, waras, sehat, menang,” ujar Muhaimin sembari tertawa.

Selain Prabowo dan Muhaimin, tampak hadir dalam pertemuan tertutup itu adalah Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco, dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Baca juga: Dukungan Parpol Parlemen ke Ganjar Minim Dinilai Jadi Penyebab PDI-P Aktif Dekati PKB

Kemudian, Wakil Ketua Umum PKB Hanif Dhakiri, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wasekjen PKB Syaiful Huda, dan lainnya.

Adapun Gerindra dan PKB sebelumnya telah menandatangani kerja sama politik dan menyatakan mengusung Prabowo sebagai bakal capres pada Pemilu 2024.

Namun demikian, sampai saat ini mereka belum mengumumkan sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo.

Penentuan sosok bakal cawapres disebut berada di tangan Prabowo dan Muhaimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com