Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkap Keunggulan Super Hercules C-130J Kedua TNI, Kadispenau: Lebih Cepat dan Irit

Kompas.com - 28/06/2023, 21:42 WIB
Irfan Kamil,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) TNI R Agung Sasongkojati mengungkapkan, pesawat super Hercules C-130J kedua TNI Angkatan Udara memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Hercules lainnya, salah satunya hemat energi sampai 50 persen.

Menurut Agung Sasongkojati, keunggulan super Hercules C-130J baru TNI itu sangat dibutuhkan untuk mendukung operasi-operasi TNI Angkatan Udara.

“Dia (super Hercules C-130J) lebih cepat, lebih tinggi, lebih banyak daya angkutnya, lebih hemat, lebih irit. Jadi sekali lagi, pesawat ini lebih cepat dibandingkan dengan pesawat yang lama, lebih tinggi terbangnya,” kata Kadispenau saat ditemui di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (28/6/2023)

Baca juga: Tiba di Tanah Air, Hercules C-130J Kedua TNI Bakal Diserahkan Prabowo ke KSAU

“Kemudian, juga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar, serta betul-betul efisien dan efektif dibandingkan dengan pesawat yang lama. 50 persen lebih hemat. Itu sangat berarti,” ucap Agung Sasongkojati.

Kadispenau menilai, pesawat buatan Lockheed Martin dari Amerika Serikat ini dapat meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Udara, terutama saat melaksanakan operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

“Pesawat ini bagus, gres, brand new, dibandingkan dengan pesawat-pesawat Hercules kita lainnya yang umurnya sudah lebih dari 30 tahun, bahkan setengah abad. Namun, tidak usah khawatir, Hercules yang setengah abad pun kalau dirawat pasti tetap bagus,” kata Kadispenau.

“Apalagi yang baru seperti ini. Ini akan meningkatkan kemampuan kita membantu masyarakat, pertahanan, keamanan, dan tentu saja untuk pembangunan kita semua,” imbuhnya.

Baca juga: Pesawat Super Hercules Kedua TNI AU yang Dibeli dari AS Tiba di Indonesia

Agung Sasongkojati menjelaskan, pesawat ini mengawali penerbangan dari Marietta di barat laut Atlanta, Georgia, AS pada Jumat (23/6/2023), pukul 09.00 waktu setempat.

Selanjutnya, pesawat terbang menuju San Diego dan melewati Samudra Pasifik. Sebelum tiba di Tanah Air, pesawat lebih dulu singgah di Kepulauan Hawai, Kepulauan Marshall dan Kepulauan Guam.

"Pesawat Super Hercules kedua TNI AU diterbangkan langsung oleh lima orang kru pabrik Lockheed Martin, terdiri dari tiga orang test pilot, seorang engineer dan seorang loadmaster," jelas Agung.

Adapun Hercules C-130J bernomor ekor A-1340 yang merupakan pesawat pesanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) ini tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu siang sekitar pukul 14.20 WIB.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bakal menyerahkan Pesawat Super Hercules C-130J kedua TNI Angkatan Udara kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam waktu dekat.

Baca juga: Spesifikasi Pesawat Super Hercules Kedua TNI AU yang Dibeli dari AS

Sebagai informasi, pesawat pertama sudah diterima TNI AU pada awal Maret 2023.

Rencananya pesawat ketiga datang pada Juli 2023, dilanjutkan pesawat keempat pada Oktober 2023 dan pesawat kelima pada Januari 2024.

Kelima pesawat akan ditempatkan di Skuadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk melaksanakan tugas-tugas TNI AU.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com