Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NASIONAL] PPP Ajukan Sandiaga Jadi Bakal Cawapres Ganjar | AHY-Puan Bertemu Hari Ini

Kompas.com - 18/06/2023, 07:47 WIB
Aryo Putranto Saptohutomo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi mengusulkan Sandiaga Uno sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).

Hal itu dilakukan setelah Sandiaga resmi menjadi kader partai berlambang Ka'bah.

PPP juga mengusulkan Sandiaga sebagai bakal cawapres untuk mendampingi bakal capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

PPP yang sebelumnya bergabung dengan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) di Koalisi Indonesia Baru (KIB) memutuskan merapat kepada PDI-P dan mendukung Ganjar sebagai bakal capres.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dijadwalkan akan bertemu pada hari ini, Minggu (18/6/2023).

Baca juga: PPP Usulkan Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar, PDI-P Bakal Godok Dulu

1. PPP Resmi Usulkan Sandiaga Uno Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah resmi menunjuk Sandiaga Uno untuk menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo. Keputusan itu disampaikan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI PPP di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/6/2023).

“Mengusulkan Bapak Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arwani Thomafi.

Ia mengungkapkan, dalam proses pengambilan keputusan para DPW sempat mengusulkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono juga maju sebagai bacawapres. Namun, usulan itu ditolak oleh Mardiono yang ingin fokus memenangkan PPP pada kontestasi elektoral mendatang.

“Oleh karena itu beliau fokus sebagai panglima tertinggi memenangkan PPP dalam Pemilu 2024 nanti,” sebut dia.

Baca juga: Sandiaga Ditugasi Jadi Bapilu PPP, Ganjar Ingatkan Kewajiban Menangkan Pilpres

Terakhir, Arwani menuturkan, forum tersebut mendorong Mardiono untuk bernegosiasi dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

“Mengamanatkan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono memperjuangkan Bapak Sandiaga Uno menjadi cawapres kepada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai capres 2024,” pungkas dia.

 

2. PDI-P: Puan Maharani dan AHY Bertemu Minggu Pagi di GBK

Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)KOMPAS.COM Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto mengatakan, pertemuan antara Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan digelar pada Minggu (18/6/2023) pagi di Gelora Bung Karno (GBK).

Menurut Hasto, persiapan pertemuan tersebut sudah selesai dilakukan oleh politisi PDI-P Utut Adianto dan Alex Indra Lukman.

"Ya sudah dilakukan suatu koordinasi yang sangat intens, tadi saya menerima laporan dari pak Alex Indra Lukman dan juga dari Pak Utut Adianto ketua fraksi kami," ujar Hasto saat memberikan keterangan di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo, Jakarta Pusat, Sabtu (17/6/2023).

Baca juga: Demokrat Bantah Komunikasi AHY dengan Puan untuk Gertak Nasdem

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com