Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pulang Kampung Didampingi Perangkat Terbatas, Minta Anak Buah Lebaran Bersama Keluarga

Kompas.com - 20/04/2023, 09:11 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (19/4/2023).

Kepulangan Presiden Jokowi ke Solo ini dalam rangka momen Idul Fitri 1444 Hijriah.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden Jokowi hanya didampingi perangkat yang sangat terbatas di Solo.

Bey menjelaskan bahwa Presiden ingin memberikan kesempatan kepada anak buahnya untuk berkumpul bersama keluarga pada Idul Fitri tahun ini.

Baca juga: Mudik ke Kampung Halaman, Jokowi Tetap Bekerja dari Solo

Pasalnya, selama Lebaran di masa pandemi Covid-19 jajaran pejabat Biropers Sekretariat Presiden, Kementerian Sekretariat Negara hingga Sekretariat Kabinet selalu mendampingi kegiatan Presiden.

"Ke situ sih arahnya (agar tahun ini bisa kumpul sama keluarga masing-masing). Presiden minta perangkat sangat terbatas yang melekat," ujar Bey ketika dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (20/4/2023).

"Tahun ini sudah tidak PPKM, jadi Presiden berharap para pegawai menggunakan kesempatan tahun ini untuk berkumpul dengan keluarga atau yang mau mudik silahkan," katanya lagi.

Bey juga mengungkapkan, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga tidak ikut menyertai kegiatan Presiden Jokowi di Solo.

Baca juga: Cerita Seskab Pramono Anung Dampingi Jokowi ke Luar Negeri: Kita Enggak Pernah Lihat Restoran dan Toko

Kedua pejabat tersebut akan merayakan Idul Fitri dengan keluarga masing-masing.

"Enggak (tidak ikut) Pak Seskab dan Mensesneg juga dengan keluarga masing-masing. Presiden selama cuti bersama akan dengan keluarga. Walaupun tetap memantau dan menerima laporan dari menteri, terutama terkait mudik," ujar Bey.

Bey sendiri mengakui bahwa ia telah diminta Presiden Jokowi untuk merayakan Lebaran dengan keluarganya.

Oleh karena itu, ia pun tak ikut berlebaran bersama Presiden Jokowi di Solo.

"Saya pun diingatkan terus oleh Bapak Presiden untuk tidak ikut. 'Lebaran dengan keluarga ya, enggak usah ikut'," demikian kata Bey menirukan pernyataan Presiden Jokowi.

Baca juga: Jokowi Mudik dan Akan Rayakan Idul Fitri di Solo

Selama di Solo, Presiden Jokowi akan merayakan Lebaran bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, putra-putrinya, para menantu, dan cucu-cucunya.

Nantinya, mantan Wali Kota Solo ini juga akan melakukan shalat Idul Fitri di Solo.

Sebagaimana diketahui, kepulangan Presiden dan Ibu Negara ke Solo pada Rabu kemarin juga disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam unggahan di akun Instagram resminya @erickthohir.

Dalam unggahannya, Erick bersama Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tampak mengantarkan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sebelum lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Jokowi Akan Shalat Idul Fitri di Solo, Lebaran Bersama Keluarga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com