Perayaan Nyepi Tahun 2018 Akan Digelar di Candi Prambanan - Kompas.com

Perayaan Nyepi Tahun 2018 Akan Digelar di Candi Prambanan

Kompas.com - 14/02/2018, 13:23 WIB
Suasana malam pergantian tahun di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan tampak dari atas bukit Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (1/1/2018). Ribuan warga memadati kawasan Taman Wisata Candi Prambanan pada malam pergantian tahun baru 2018.ANTARA FOTO / HENDRA NURDIYANSAH Suasana malam pergantian tahun di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan tampak dari atas bukit Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (1/1/2018). Ribuan warga memadati kawasan Taman Wisata Candi Prambanan pada malam pergantian tahun baru 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 yang jatuh pada (17/3/2018) mendatang akan digelar secara nasional di Candi Prambanan, Jawa Tengah.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Wisnu Bawa Tenaya ketika ditemui di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia, Wisnu Bawa Tenaya di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (14/2/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIR Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia, Wisnu Bawa Tenaya di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

"Kegiatan Nyepi dilakukan di Prambanan, Jawa Tengah. Kemudian kegiatan seremonial yang lain kita lakukan di Jakarta, tepatnya di Mabes TNI," ujar Wisnu.

Rangkaian perayaan hari raya Nyepi nanti akan diisi dengan berbagai kegiatan sosial, kesehatan, dan edukasi yang melibatkan tokoh lintas agama.

(Baca juga: Berlibur di Bali Saat Nyepi, Apa Saja yang Bisa Dinikmati?)

"Pengembangan kegiatan umat Hindu di seluruh Indonesia, terutama kami dorong dari sisi pendidikan, keagamaannya, baik mulai dari tingkat bawah termasuk kegiatan di tingkat atas," ujar Wisnu.

Menurut Wisnu, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pun mengapresiasi rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pihaknya tersebut.

"Beliau mengapresiasi apa yang kita sampaikan. Mari kita jaga keharmonisan, saling menghormati, kita jaga situasi yang kondusif untuk pembangunan kita bisa berjalan dengan baik," kata Wisnu.

Kompas TV Melasti merupakan bentuk upaya "membersihkan diri" dan biasa dilakukan sebelum Hari Raya nyepi


Komentar

Close Ads X