Ini Hasil Pertemuan Menteri Pertanian dengan Pimpinan KPK - Kompas.com

Ini Hasil Pertemuan Menteri Pertanian dengan Pimpinan KPK

Robertus Belarminus
Kompas.com - 07/12/2017, 17:41 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kuningan, Jakarta, Kamis (7/12/2017).Kompas.com/Robertus Belarminus Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kuningan, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman selesai bertemu dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) di kantor KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (7/12/2017). Amran mengaku dirinya diterima oleh Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

Seperti yang disampaikan di awal kedatangannya, Amran menyatakan membahas masalah kepala sawit dengan pimpinan lembaga antirasuah.

Misalnya, soal keinginan pemerintah melakukan program replanting untuk meningkatkan produksi kepala sawit yang ada saat ini.

Kemudian juga dibahas mengenai kebun sawit yang ada di areal hutan produksi. Hutan produksi sendiri diketahui tidak dapat difungsikan sebagai area perkebunan.

"Ini yang kita bahas fokus dengan KPK, Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang), (Kementerian) Kehutanan, kemudian tadi dari pajak. Insyallah mudah-mudahan kedepan bisa kita menemukan solusi yang terbaik untuk saudara-saudara kita petani plasma sawit seluruh Indonesia," kata Amran, saat keluar dari gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis sore.

(Baca juga : Bahas Masalah Kelapa Sawit, Menteri Pertanian Temui Pimpinan KPK)

Kaitan masalah itu dengan kedatangannya, menurut Amran karena kementeriannya memiliki kerja sama dengan KPK. Pihaknya menyatakan juga punya Satgas untuk melakukan pencegahan korupsi.

"Kita ada kerja sama, kita tuh semua sejak awal ada Satgas, ada KPK di Kementerian Pertanian. Kami ada Satgas yang bertugas melakukan pencegahan di Kementan," ujar dia.

Amran sebelumnya mengaku kedatangannya untuk membahas masalah kelapa sawit dengan pimpinan lembaga antirasuah.

"(Mau) Diskusi tentang kepala sawit khususnya plasma, kami akan diskusi dengan Ketua KPK," kata Amran.

Saat ditanya apakah ada permasalahan di sektor kelapa sawit, Amran enggan membeberkan. Termasuk apakah ada temuan dari kementeriannya soal dugaan adanya tindak pidana korupsi di sektor ini.

"Nanti tanya sana (KPK)," ujar Amran.

Dirinya menyatakan, diskusi ini merupakan kelanjutan dari diskusi sebelumnya. Amran diketahui pada Maret 2017 lalu juga pernah mendatangi KPK membahas mengenai kelapa sawit.

Kali ini, dirinya mendiskusikan beberapa hal yang hampir sama didiskusikan terdahulu yakni mengenai perkebunan rakyat dan adanya kebun sawit di area hutan produksi.

"Kan ada plasma, ada kelapa sawit di areal hutan produksi, ada perusahaan, kemudian ada kebun rakyat, nah ini kita harus telaah dengan baik, kemudian kita mencarikan solusi yang baik," ujar Amran.

Dirinya menyebut, masalah kelapa sawit di seluruh Indonesia akan dibahas dalam diskusi kali ini.

PenulisRobertus Belarminus
EditorDiamanty Meiliana

Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM