Ganjar Pranowo Klaim Jateng Siap Hadapi Kekeringan Tahun 2017 - Kompas.com

Ganjar Pranowo Klaim Jateng Siap Hadapi Kekeringan Tahun 2017

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 12/09/2017, 21:27 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.KOMPAS.com/Ika Fitriana Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengklaim, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap menghadapi kekeringan pada tahun 2017 ini.

Kepada wartawan di Kompleks Istana Presiden, Selasa (12/9/2017), Ganjar mengatakan, pihaknya sudah menetapkan status kekeringan di wilayahnya sejak Juni 2017.

"Maka kami relatif lebih siap," ujar Ganjar.

Catatan Ganjar, ada 1.254 desa di 275 kecamatan yang terdampak kekeringan. Adapun, jumlah warga yang terkena dampaknya sekitar 1.412.161 orang.

Baca: BMKG Prediksi Kekeringan 2017 Lebih Parah Dibandingkan 2016

Selama dilanda kekeringan, Pemerintah Provinsi Jateng aktif mendistribusikan air ke daerah-daerah tersebut.

"Tindakan pendeknya mengirim air terus. Kalau mereka situasinya itu sedang butuh bantuan air cepat, tinggal telepon saja karena kami sudah siap. BPBD itu front line-nya," ujar Ganjar.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk jaringan pipa air di daerah yang dilanda kekeringan.

"Karena sumber airnya masih ada, pipanisasi kami lakukan, plus dengan pompanya. Kami berkomunikasi dengan Menteri PUPR, beliau bantu banyak di sumur bor," ujar Ganjar.

"Intinya sih sampai dengan hari ini relatif masih terkendali ya. Belum sampai kekeringan parah banget, belum," lanjut dia.

Kompas TV Warga di Desa Pilangsasi, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mencuci pakaian dan mandi di kubangan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorInggried Dwi Wedhaswary
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM