Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut-ikut Jokowi, Menteri Yasonna Juga Bikin Kuis dan Bagi-bagi Sepeda

Kompas.com - 19/08/2017, 10:33 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H Laoly, bagi-bagi sepeda kepada para pegawai yang ada di lingkungan Kemenkumham.

Acara bagi-bagi sepeda itu digelar dalam acara lomba rias sepeda, di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Sabtu (19/8/2017).

Panitia acara sudah menyiapkan hadiah utama berupa tiga sepeda untuk peserta lomba yang memodifikasi sepeda mereka dengan gaya yang paling keren dan unik.

Namun, secara khusus, Yasonna juga menyediakan tiga sepeda lagi untuk dibagikan kepada peserta lomba yang bisa menjawab pertanyaannya.

Yasonna memilih secara acak peserta lomba ke atas panggung dengan memanggil nomor urutnya. Ia lalu meminta mereka menjawab pertanyaan, mulai dari nama-nama perbatasan Indonesia, menyebutkan nama-nama sungai, hingga melafalkan Pancasila.

Format kuis seperti ini mirip dengan cara Presiden Jokowi saat bagi-bagi sepeda. Yasonna pun mengakui bahwa ia terinspirasi dari Jokowi.

"Iya, modelnya Pak Jokowi. Jadi membacakan Pancasila, menyebutkan nama-nama sungai, batas wilayah republik. Ini yang ingin kami sampaikan, agar semua anak bangsa mengetahui negara kita ini besar sekali," ucap Yasonna.

Yasonna mengatakan, ia tergerak membagi-bagi sepeda karena ia juga baru saja mendapat hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.

Yasonna mendapat sepeda karena mengenakan pakaian adat terbaik pada peringatan HUT RI di Istana, Kamis (17/8/2017) lalu. Ia mengenakan pakaian perang Nias yang diberikan oleh Kepala Adat Nias Selatan.

(Baca: Kenakan Baju Perang Nias di Istana, Yasonna Dapat Sepeda dari Jokowi)

Yasonna langsung merias sepeda gunung yang diberikan oleh Jokowi tersebut untuk acara hari ini. Tiga sepeda yang dibagikan Yasonna pun sama persis modelnya dengan yang diberikan Jokowi.

"Jadi saya diberi satu, saya berikan 3," kata Yasonna sambil tertawa.

(Baca juga: Menteri Yasonna Menghias dan Menggowes Sepeda dari Jokowi)

Kompas TV Jokowi Beri Sepeda Bagi Tamu dengan Pakaian Adat Terbaik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com