Kompas.com - 17/08/2017, 15:02 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorIndra Akuntono


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menjadi salah satu dari lima orang yang mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.

Yasonna dianggap menjadi peserta upacara yang memakai busana pakaian daerah terbaik dalam peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017). Yasonna mengenakan pakaian adat dari Nias, Sumatera Utara.

"Sebetulnya baju perang ini. Sebetulnya lengkapnya ini, ada pedang disini, ada tombak, ada namanya balus, satu perisai," kata Yasonna, mendeskripsikan pakaian yang dia kenakan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

(baca: Lucunya Cucu Jokowi di Tengah Tamu Istana...)

Yasonna mengatakan, baju yang berwarna merah cerah tersebut diberikan oleh Kepala Adat Nias Selatan saat dia berkunjung ke sana. Yasonna merasa terhormat bisa mengenakan adat kebesaran Nias dan dapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai peserta upcara dengan busana adat terbaik.

"Kami betul-betul mengapresiasi apa yang dibuat oleh Presiden dalam rangka menghargai baju adat daerah, kebinekaan untuk kekuatan kita," kata Yasonna.

Yasonna mengaku tidak tahu akan diadakan lomba baju adat terbaik saat upacara HUT kemerdekaan RI di Istana. Lomba ini memang digelar diam-diam, dan Jokowi baru mengumumkan lima nama hasil seleksi dewan juri setelah upacara selesai.

"Eggak tahu sama sekali. Kaget aja," kata Yasonna.

(baca: Jokowi dan SBY "Cipika-cipiki", Tamu-tamu Istana Tepuk Tangan)

Politisi PDI Perjuangan itu mengaku akan menyimpan dan menggunakan sepeda yang diberikan Jokowi dengan baik. Ia bahkan sempat menjajalnya sebentar saat masih berada di halaman Istana Merdeka.

"Sepedanya nanti pasti kita pakai, sekalian olahraga, itu berharga, tidak bisa dijual itu, itu disimpan sampai anak cucu," ucap Yasonna.

Kompas TV Kirab Membawa Bendera Merah Putih dan Naskah Asli Proklamasi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.