Senin, 21 April 2014

News / Nasional

KPU Jamin Pengumuman DPS pada 11 Juli

Kamis, 4 Juli 2013 | 21:01 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum mengakui menemui sejumlah kendala saat melakukan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2014. Meski demikian, kendala ini dipastikan tidak akan mengganggu rencana pengumuman daftar pemilih sementara (DPS) pada 11 Juli mendatang.

"Kan masih ada selang waktu hingga 11 Juli mendatang, pasti akan kita bereskan semua," kata anggota KPU, Juri Ardiantoro, di Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Juri mengungkapkan, sejumlah kendala yang dihadapi KPU terkait keterlambatan pencairan anggaran pemilu yang mengakibatkan proses perekrutan panitia pemutakhiran pemilih menjadi terlambat, serta kekosongan pengurus KPU daerah lantaran dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

"Ada pula bentrok jadwal antara proses pencocokan dan penelitian data pemilih serta pelaksanaan pemilukada di sejumlah daerah," ungkapnya.

Kendala lain yang dihadapi terkait persoalan adanya sejumlah desa yang tidak memiliki kode wilayah. Untuk mengatasi hal itu, KPU akhirnya menggunakan data pencatatan yang dikeluarkan oleh tiap-tiap daerah dan tidak menggunakan data dari pusat. "Faktanya daerah itu ada, meski belum terdata di pusat," ujarnya.

Penulis: Dani Prabowo
Editor : Hindra Liauw