Selasa, 23 September 2014

News / Nasional

Terorisme

Indonesia Jadi Medan Perang Baru

Senin, 2 Mei 2011 | 09:07 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Berbagai penemuan bom tahun 2011 ini menunjukkan bahwa generasi baru pelaku aksi terorisme telah lahir di negeri ini. Lebih dari itu, berbagai kasus bom itu juga membuktikan, Indonesia kini sudah menjadi medan perang baru bagi pelaku aksi terorisme. 

Jaringan pelaku terorisme sebelumnya terkait Jemaah Islamiyah (JI) menjadikan Amerika Serikat dan kelompok non-Muslim sebagai musuh terdekatnya. Generasi pelaku terorisme baru yang berakar pada jaringan Negara Islam Indonesia (NII) menjadikan institusi pemerintah, TNI, Polri, dan kelompok non-Muslim sebagai musuh terdekatnya. AS menjadi musuh jauh. 

Karena itu, untuk menghadapi kelompok teroris baru itu, semua komponen bangsa harus bergerak bersama, tak bisa bergantung pada pemerintah dan aparat saja. Deradikalisasi kepada kelompok radikal itu perlu dilakukan oleh berbagai komponen bangsa ini. ”Sekarang di Indonesia banyak rekrutmen baru. Indonesia dianggap sebagai medan perang,” papar pengamat intelijen Wawan Purwanto, Minggu (1/5/2011) di Jakarta. 

Yang melakukan perekrutan, kata Wawan, adalah kelompok...(selengkapnya baca Harian Kompas, Senin 2 Mei 2011, halaman depan)


Editor : Heru Margianto
Sumber: