Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Banyak Negara yang Minta Disambangi Indonesia

Kompas.com - 07/03/2017, 19:33 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan, banyak pemerintah negara sahabat yang ingin dikunjungi oleh perwakilan Indonesia. Permintaan itu disampaikan saat Wapres melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pimpinan negara sahabat di sela-sela kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA).

"Kita banyak pembicaraan-pembicaraan tentang kemungkinan hubungan ekonomi, investasi. Di samping justru mereka meminta supaya kita untuk datang ke negaranya kayak tadi Tanzania, Somalia dan India," kata Kalla di Jakarta Convention Center, Selasa (7/3/2017).

Pertemuan bilateral itu diantaranya dilakukan dengan Deputi Perdana Menteri dan Kementerian Koordinator bidang Keamanan Nasional Singapura Theo Chee Hean, Deputi Perdana Menteri Somalia Mohamed Omar Artch, dan Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein.

Selain itu, pertemuan bilateral juga dilangsungkan dengan Wakil Presiden Republik India Hamid Ansari, dan Ketua Dewan Negara OmanYahya bin Mahfooddh Al-Manthri.

"Mereka menawarkan agar kita, juga mereka, juga akan investasi lebih banyak lagi dalam banyak bidang. Itu biasa," ujarnya.

Wapres menambahkan, dalam membina hubungan bilateral dengan negara lain, ada dua poin penting yang harus dikedepankan, yaitu politik dan ekonomi. Di samping itu, upaya memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara sahabat yang membutuhkan juga dibahas.

"Seperti Somalia, kelaparan sekarang ini ya. Kita harus ikut serta membantu, kita akan membantu," kata dia.

Kompas TV Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IORA negara lingkar Samudera Hindia akhirnya selesai hari ini. 4 dokumen akan disepakati dalam pertemuan yang berakhir hari ini. Selain deklarasi dan rencana aksi, ada 2 hal lain yang akan menjadi kerjasama adalah penanggulangan terorisme dan kerjasama ekonomi antar 21 negara Samudera Hindia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com