Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Menteri, Jokowi Bentuk 'Head Hunter'

Kompas.com - 26/07/2014, 16:22 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Presiden terpilih periode 2014-2019, Joko Widodo membentuk tim 'head hunter'. Tim itu bertujuan mencari orang-orang yang cocok menjabat sebagai menteri di pemerintahannya bersama Mohammad Jusuf Kalla.

"Semua jurus saya gunakan, baik partisipasi publik, juga mencari melalui pemburu bakat gitu loh, head hunter," ujar Jokowi di sela-sela 'blusukan' di Pasar Notoharjo, Semanggi, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/7/2014) siang.

Pria yang masih menjadi Gubernur DKI Jakarta itu juga mendapatkan masukan dari banyak pihak soal sosok-sosok yang bakal mengisi jabatan menteri di kabinetnya.

Masukan itu bisa dari masyarakat, kelompok relawan atau partai pendukung. Nah, tim 'head hunter' tersebut, lanjut Jokowi, bertugas melakukan verifikasi soal rekam jejak serta latar belakang sosok yang direkomendasikan banyak pihak tadi.

"Masukan dari mana-mana kan kita ndak tahu, ndak ngerti. Misalnya ada nama Bambang atau Asep, tim ini cari tau mereka itu siapa," ucap Jokowi.

Namun, dia enggan menyebut siapa saja yang ada di dalam tim tersebut. Jokowi khawatir jika ia membukanya ke publik, banyak pihak yang mengintervensi.

Jokowi juga tak menyebut kapan tim ini mulai bekerja efektif melakukan verifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com