Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Waspadai Hujan Berisiko Banjir di 9 Provinsi Ini Sepekan Sebelum Lebaran

Kompas.com - 02/04/2024, 13:45 WIB
Adhyasta Dirgantara,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang di sejumlah wilayah selama satu pekan sebelum Lebaran Idul Fitri 2024.

Dwikorita menyebut hujan dengan intensitas sedang itu diprediksi terjadi sepanjang 3-9 April 2024.

Hal tersebut Dwikorita sampaikan saat rapat kerja soal mudik bersama Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Antisipasi Banjir, Pemkot Jakbar Bakal Bangun Saluran Penghubung

"Mulai tanggal 3-9 April yaitu sepekan sebelum lebaran, yang perlu diwaspadai adanya hujan dengan intensitas sedang itu Sumatera Barat (Sumbar), Bengkulu, Jawa Barat (Jabar), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Papua," ujar Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan, meski hanya hujan dengan intensitas sedang, namun hujan tersebut bisa menimbulkan permasalahan banjir.

Sebab, bisa saja ada kondisi alam di lokasi tersebut yang menyebabkan banjir tanpa hujan lebat sekalipun.

Baca juga: Kemenkumham Salurkan Bantuan untuk Kaum Duafa dan Yatim Piatu yang Jadi Korban Banjir di Kendari

"Namun maupun hujan intensitas sedang dapat menimbulkan permasalahan banjir ataupun genangan. Karena memang kondisi alamnya di situ juga ada pertemuan sungai yang membuat lebih sensitif mengalami banjir meskipun tidak hujan lebat," tuturnya.

Sementara itu, sepekan setelah Lebaran, atau lebih tepatnya pada 17-23 April, Dwikorita mengungkapkan ada beberapa daerah yang diguyur hujan intensitas sedang.

"Kemudian sepekan setelah lebaran, 17 hingga 23 April, sekali lagi Kalbar ini intensitas sedang. Kemudian Kalteng, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat," imbuh Dwikorita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com