Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Amin Minta Relawan Doakan Aparat Negara Tetap Netral

Kompas.com - 17/12/2023, 08:25 WIB
Singgih Wiryono,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin meminta relawan pemenangan berdoa agar aparat negara, baik aparat hukum maupun aparat penyelenggara pemilihan presiden (pilpres) 2024, bisa terus menjaga netralitasnya.

"Karena itu, kita berdoa mudah-mudahan diberikan kekuatan untuk menjaga netralitas, karena kita tau beban-beban mereka berat sekali," ujar Co-kapten Timnas Anies-Muhaimin, Sudirman Said, saat peresmian Posko Pemenangan di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (16/12/2023).

Sebagai masyarakat sipil, ia menilai, hanya doa yang bisa dilakukan oleh relawan untuk mencegah terjadinya kecurangan hingga hari pemilihan.

Baca juga: Timnas Amin Sebut Istana dan MK Perlu Dipasangi Kentungan: Demokrasi Sedang Ada Masalah

Cara lainnya, menurut Sudirman, dengan memukul kentungan secara simbolis sebagai bentuk alarm bahwa masyarakat sedang mengawasi pilpres.

"Yang kedua, kita juga menyiapkan sistem monitoring kalau itu dijalankan dengan baik ada sistem yang menginput (bukti-bukti kecurangan)," tuturnya.

Sudirman juga menyebut, Timnas sudah menyiapkan tim hukum yang cukup kuat yang tiap minggunya mendeklarasikan diri di seluruh provinsi di Indonesia.

Baca juga: Soal “Ndasmu Etik” Prabowo, Jubir Sebut Bercanda, Kubu Anies Anggap Tak Etis, Ganjar Minta Masyarakat Menilai

"Dan tak kalah penting kita turut menjalin komunikasi dengan pihak level nasional untuk menjaga suasana tetap (netral) supaya tidak masuk tahapan (kecurangan) yang dianggap melampaui batas. Karena kalau itu terjadi yang akan muncul reaksi rakyat sangat kuat," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com