Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Prabowo Jadi Capres, Golkar Harap Airlangga Jadi Cawapres

Kompas.com - 14/08/2023, 11:51 WIB
Ardito Ramadhan,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Presiden Partai Golkar Nusron Wahid menyatakan, partainya berharap Ketua Umum Airlangga Hartarto dipilih menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Soal cawapres, harapan kami Pak Airlangga masih menjadi alternatif yang akan dipilih," kata Nusron saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/8/2023).

Kendati demikian, Nusron tidak memungkiri bahwa penetapan calon wakil presiden tidak hanya berada di tangan Golkar. Sebab, Golkar kini tergabung dalam koalisi bersama Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai partai politik pengusung Prabowo.

"Kami juga paham untuk cawapres pasti harus ada figur yang diterima oleh semua anggota koalisi dan Pak Prabowo sendiri," kata dia.

Baca juga: Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Jokowi: Itu Urusan Mereka, Saya Bukan Ketua Partai

Oleh sebab itu, Nusron menekankan bahwa Golkar akan tetap mengupayakan Airlangga menjadi cawapres pendamping Prabowo, tetapi akan menyerahkan hasilnya pada dinamika yang akan berjalan.

"Namanya usaha kan wajib dan harus. Soal hasil biar alam dan waktu yang menjawab, sebab juga ada usulan nama-nama lain, seperti Mas Gibran," ujar Nusron.

Sebelumnya diberitakan, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) resmi bergabung bersama Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Pilpres 2024.

Baca juga: Pilih Prabowo ketimbang Ganjar, Golkar: Ini Koalisi Tengah

Tak hanya berkoalisi, keempatnya juga menyatakan dukungan pencapresan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dalam acara pernyataan dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu, 13 Agustus 2023.

Dalam kerja sama politik ini, Prabowo menegaskan bahwa masing-masing partai politik akan diberikan porsi yang sama untuk membahas nama bakal calon wakil presiden (cawapres).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com