Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu, Ketum PPP Bertemu Megawati Bahas Dukungan Pencapresan Ganjar

Kompas.com - 28/04/2023, 00:14 WIB
Tatang Guritno,
Fitria Chusna Farisa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono mengaku bakal bertemu dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menyusul deklarasi dukungan PPP terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) Pemilu 2024.

Rencananya, pertemuan digelar Minggu (30/4/2023) di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P di Jakarta Pusat.

“Saya dapat kabar sore tadi, Ibu Megawati akan memberikan waktu dengan saya hari Minggu ya,” ujar Mardiono di Kompleks Kementerian Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (27/4/2023).

“Sementara, informasinya saya diterima di kantor PDI-P. Kan tetangga,” ujarnya.

Baca juga: PPP Usung Ganjar Capres, Demokrat Tetap Perjuangkan Anies untuk Kepentingan Rakyat

Mardiono tak mengungkap detail yang akan dia bahas dalam pertemuannya bersama Mega. Namun, dia berharap, pertemuan itu juga dapat dihadiri oleh Ganjar. 

Jika pun Ganjar tak bisa hadir, Mardiono berharap dapat segera mengatur pertemuan pasca PPP menyatakan dukungan buat Gubernur Jawa Tengah itu.

Sejauh ini, kata Mardiono, komunikasi partainya dengan Ganjar terjalin baik. Menurutnya, Ganjar merespons positif dukungan PPP.

"Alhamdulillah (respons Ganjar) baik, welcome," ujarnya.

Mardiono menambahkan, setelah bertemu dengan Megawati, dirinya akan mengatur pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

“Baru nanti minta jadwal untuk ketemu Bapak Presiden. Ketemu dalam konteks saya sebagai ketua umum partai politik, bukan sebagai utusan presiden,” katanya.

Sebagaimana diketahui, PPP mengumumkan dukungan buat Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dalam momen Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar di Yogyakarta, Selasa (25/4/2023).

Baca juga: Apresiasi Keputusan PPP Usung Ganjar, Golkar: KIB Tak Campuri Internal Masing-masing

Keputusan itu diambil pasca PPP melakukan musyawarah selama tiga hari sejak Minggu (23/4/2023). Proses musyawarah tersebut melalui sejumlah tahapan seperti rapat pengurus harian, rapat majelis DPP, hingga rapat gabungan majelis.

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi yang mendalam, dengan mengucap bismillah hirrahmanirrahim, Partai Persatuan Pembangunan memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia pada Pilpres tahun 2024 yang akan datang” ujar Mardiono di Yogyakarta dikutip dari Youtube Kompas TV, Rabu (26/4/2023).

Sebelum memutuskan dukungan, PPP mengaku telah mengkaji kelebihan dan kekurangan sosok Ganjar secara mendalam.

Baca juga: PPP Usung Ganjar Capres, Airlangga Sebut Golkar Sudah Tetapkan Capres lewat Munas

“Beberapa nama tokoh berkembang di tengah masyarakat menjadi sasaran pembahasan dan pengkajian dalam menentukan nilai positif bagi kelangsungan hidup agama, bangsa dan negara,” ujarnya.

Adapun Ganjar Pranowo telah resmi diumumkan PDI Perjuangan sebagai capres Pemilu 2024. Pengumuman itu disampaikan oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

“Pada jam 13.45, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai, untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com