Kompas.com - 06/10/2022, 22:19 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie mengatakan, hingga kini politikus senior Partai Gerindra M Taufik, belum bergabung ke partainya, meski pernah menyampaikan keinginannya untuk bergabung.

Taufik sendiri dikabarkan telah mengundurkan diri dari Partai Gerindra. 

“Dulu pernah menyatakan kalau Anies (Gubernur DKI) sudah ditetapkan sebagai calon presiden dari Nasdem, Pak Taufik akan merapat ke Nasdem, tapi sudah lama itu,” tutur Effendi pada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: PDI-P Sindir Nasdem Soal Etika Parpol Pengusung Jokowi Usai Deklarasi Anies Sebagai Capres

Ia mengaku, belum berkomunikasi lagi lantaran mendengar kabar bahwa Taufik sedang sakit.

“Saya dapat kabar seminggu lalu Pak Taufik sakit. Katanya sakit lah ya tidak bisa ditengok. Sehingga kami putus informasi,” ujarnya.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa Nasdem terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung. Termasuk, jika Taufik tidak mengubah keinginannya.

“Kita doakan semoga sakitnya cepat hilang, dan sembuh kembali sehat walafiat, dan kalau mau gabung Nasdem, Nasdem terbuka,” tandasnya.

Baca juga: Sejumlah Kader Nasdem Keluar Dinilai karena Banyak Pendukung Ahok dan Anti Anies

Berdasarkan keterangan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Taufik telah mengundurkan diri dari Gerindra dan dari DPRD DKI Jakarta.

Pengunduran diri itu dilakukan lantaran Taufik sedang sakit dan harus menjalani perawatan.

"Ada kanker paru yang sudah sampai ke kaki. Jadi kita doakan Pak Taufik semoga lekas sembuh," ujar Riza di Balai Kota DKI, Kamis.

Ia menegaskan bahwa pengunduran diri ini tidak ada sangkut pautnya dengan rencana dukungannya kepada Anies sebagai capres.

Adapun hubungan Taufik dan Partai Gerindra sempat memanas lantaran diduga dirinya mendukung Anies untuk maju sebagai capres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Pesan Nasdem untuk Kader yang Keluar karena Anies Dideklarasikan Jadi Capres

Pada kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2017, Taufik dikenal sebagai sosok berperan besar memperjuangkan kemenangan Anies dan Sandiaga Uno.

Di sisi lain para kader Partai Gerindra masih mendorong Prabowo Subianto untuk kembali berkontestasi keempat kalinya di Pilpres mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.