Kompas.com - 05/10/2022, 10:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengucapkan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada hari ini, Rabu (5/10/2022).

Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto berharap, semua pihak bersama-sama menggelorakan kembali kejayaan TNI bagi Indonesia.

"PDI Perjuangan mengucapkan selamat HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 77. Selamat dan jayalah TNI," kata Hasto dalam keterangannya, Rabu.

Baca juga: Panglima Ungkap Tim Aerobatik Jupiter Kembali Unjuk Gigi di HUT TNI Usai 8 Tahun Absen

Hasto berharap, TNI menjadi kekuatan yang disegani di seluruh belahan bumi.

Harapan itu dilihat karena kemampuan force projection TNI dalam memperjuangkan perdamaian dunia.

"Sejarah pernah mencatat bagaimana kekuatan Angkatan Perang Indonesia pada tahun 1960an sebagai kekuatan terkuat di belahan bumi selatan. Itulah sejarah gilang gemilang yang akan kita perjuangkan kembali," jelasnya.

Ia menyatakan, PDI-P konsisten untuk terus membangun TNI. Pasalnya, dia menilai kekuatan TNI berasal dari rakyat.

Dirinya juga berharap, TNI menjadi kekuatan pertahanan yang profesional, solid, menggetarkan lawan dan terus bergerak maju.

"Kobarkan semangat pembebasan agar dunia yang bebas dari kolonialisme dan imperialisme" tambahnya.

Baca juga: HUT Ke-77 TNI, Kolonel Laut Erwin Kasirun Bertindak Jadi Komandan Upacara

Lebih lanjut, PDI-P juga disebut memberikan dukungan penuh kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan profesionalisme TNI dan peningkatan kesejahteraan prajurit.

Menurut dia, hal itu harus terus dilakukan. PDI Perjuangan juga terus memberikan dukungan terhadap setiap upaya pengembangan kekuatan pertahanan Indonesia.

"Termasuk hadirnya industri pertahanan yang percaya pada kekuatan sendiri dalam pengembangan dan penguasaan ALUTSISTA modern, didukung oleh kemampuan penguasaan C5ISR (Command, Control, Communication, Computer, Cyber, Intelligence, Surveillance, and Reconnaissance) guna membentuk kekuatan cyber pertahanan," tutur Hasto.

Baca juga: HUT Ke-77 TNI, Ada Rekayasa Lalu Lintas Seputar Istana Merdeka

Terakhir, Hasto berpandangan bahwa setiap prajurit TNI harus memiliki pemikiran soal merdeka atau mati.

Menurutnya, hal tersebut merupakan spirit yang harus berkobar di setiap dada prajurit.

"(Setiap prajurit TNI) berjuang tanpa mengenal takut, tanpa mengenal lelah dan tidak pernah menyerah demi keselamatan bangsa, kedaulatan negara, dan keutuhan NKRI," pesan Hasto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.