Kompas.com - 05/10/2022, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa mengatakan, salah satu momen menarik dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI adalah atraksi tim aerobatik Jupiter dari TNI Angkatan Udara.

Selain tingkat kesulitan yang tinggi, kata Andika, tim aerobatik itu terakhir kali memperagakan aksinya di atas kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Istana Negara pada 8 tahun lalu.

"Yang menarik adalah tim aerobatik ini. Bermain di atas Monas ini, terakhir 2014. Berarti 8 tahun yang lalu. Karena memang mungkin banyak variabel," kata Andika sebelum pelaksanaan upacara HUT TNI di Istana Negara, seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Rangkaian Atraksi Pesawat Tempur Tutup Upacara HUT Ke-77 TNI

Andika kemudian memaparkan fakor yang menyebabkan tim aerobatik Jupiter absen dari peringatan HUT TNI.

"Di antaranya adalah obstacle. Bangunan-bangunan, ketinggian, termasuk Monas. Jadi tingkat kesulitan memang tinggi, makanya mungkin selama ini dihindari," kata Andika.

Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU bermanuver di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Jupiter Aerobatic Team siap menampilkan 15 manuver formasi untuk memeriahkan penyelenggaraan MotoGP pada Minggu (20/3/2022).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU bermanuver di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Jupiter Aerobatic Team siap menampilkan 15 manuver formasi untuk memeriahkan penyelenggaraan MotoGP pada Minggu (20/3/2022).

Andika mengatakan, saat mempersiapkan sebelum unjuk gigi dalam HUT TNI tahun ini, tim aerobatik Jupiter sudah 2 kali melakukan latihan.

"Jadi ya kita lihat sudah 2 kali mereka latihan, gladi kotor dengan gladi bersih. Sejauh ini bagus sekali. Itu menarik," ucap Andika.

Andika mengatakan HUT TNI pada tahun ini juga berkesan karena digelar di Istana Negara. Selain memperlihatkan demo udara, Andika juga mengerahkan pasukan untuk melakukan parade dan defile alat utama sistem persenjataan di Jakarta.

Dalam peringatan HUT TNI tahun ini, tim aerobatik Jupiter memperagakan sejumlah manuver di hadapan Presiden Joko Widodo dengan menggunakan 6 buah pesawat baling-baling KAI KT-1B.

Untuk merekam aksi mereka di langit Jakarta, seluruh pesawat tim aerobatik itu dipasangi kamera di sejumlah titik yakni kokpit, sayap, dan ekor.

Mereka memperagakan aksinya setelah sejumlah penerbang jet tempur F-16 TNI AU melakukan terbang lintas (fly pass) di Istana Negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.