Kompas.com - 04/09/2022, 16:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi sebagai kandidat calon presiden (capres) pada 2024.

Elektabilitas Ganjar berada di atas Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kali ini kami masih menemukan pola yang sama dari sebelumnya bahwa tiga teratas masih Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan," ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam rilis survei, Minggu (4/9/2022).

Baca juga: Survei LSI: 58,7 Persen Responden Tak Setuju Kenaikan Harga BBM

"Tapi kalau kita lihat selisih di antara ketiganya itu sangat rendah, kalau kita bandingkan selisih antara yang nomor satu dan nomor tiga misalnya, Ganjar dan Anies itu selisihnya kurang dari lima persen," ucapnya.

Dalam survei ini, tingkat elektabilitas nama kandidat capres dilakukan oleh LSI dengan simulasi 19 nama semi terbuka.

Hasilnya, Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan elektabilitas 24,5 persen disusul Prabowo Subianto dengan 21,3 persen dan Anies Baswedan 19,3 persen.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 10,4 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 2,9 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 1,9 persen.

Baca juga: Survei Nama-nama Capres Potensial di 2024, Ganjar Nomor 1

Kemudian, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir 1,7 persen, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani 1,3 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,2 persen dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto 1,1 persen.

Nama-nama lain seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo di bawah satu persen.

Adapun survei ini dilakukan pada 13-21 Agustus terhadap 1.220 responden menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.