Kompas.com - 19/08/2022, 19:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut menggelar doa bersama lintas agama untuk mengenang jasa para pahlawan di Laut Jakarta, Jakarta Utara, Jumat (19/8/2022) sore.

Kegiatan yang masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Indonesia ini dilaksanakan di atas geladak heli KRI Semarang-594 yang berangkat dari Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok.

Selain melakukan doa bersama, TNI AL menggelar tabur bunga ke Laut Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

“Kita doakan kepada para pendahulu, jasa para pahlawan, para pejuang yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia dengan ditandai tabur bunga di laut,” kata Yudo di atas geladak heli KRI Semarang-594, Jumat.

Baca juga: Kronologi Nelayan di Aceh Tamiang Kena Tembakan TNI AL, Awalnya Dicurigai Bawa Sabu

Yudo juga menyampaikan bahwa doa bersama ini untuk memohon kepada Tuhan agar diberikan kemudahan dalam melanjutkan perjuangan ke depan.

Perjuangan tersebut seperti menghadapi ujian pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Tentunya kita doakan semoga cepat selesai sehingga kita bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Yudo.

Sementara itu, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Muhammad Cholil Nafis yang turut hadir dalam acara itu mengatakan, Indonesia meraih kemerdekaan juga tidak lepas dari perjuangan para tokoh agama, baik yang terjun langsung maupun mereka yang memanjatkan doa.

Belajar dari perjuangan para tokoh agama tersebut, Cholil menyebut, nilai spiritual keagamaan harus paralel dengan nasionalisme.

“Di mana kita meyakini agama yang berbeda-beda itu menjadi kekuatan untuk terus mengisi kemerdekaan dan mencapai cita-cita para pendiri bangsa ini untuk memberi kesejahteraan, kedamaian, keamanan,” ujar dia.

Baca juga: Di Hadapan KSAL, Megawati Cerita Kehebatan Armada Laut Era Bung Karno

Adapun kegitan doa bersama lintas agama ini dihadiri perwakilan agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Selain itu, dihadiri oleh pejabat utama Markas Besar TNI Angkatan Laut dan para Panglima Komando Utama TNI AL di wilayah Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.